Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Dec 8, 2022

Waspada! Ini Dia Dampak Resesi Terhadap Bisnis Properti Anda

Resesi adalah hal yang lucu. Di satu sisi, sepertinya ini adalah waktu yang paling buruk untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Di sisi lain, ini sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulai bisnis properti. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi 10 hal penting yang harus Anda persiapkan untuk bisnis properti Anda selama resesi. Dari riset pasar hingga perencanaan keuangan dan banyak lagi, baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan penurunan ekonomi sebaik-baiknya.

Apa yang dimaksud dengan resesi?

Resesi biasanya didefinisikan sebagai dua kuartal berturut-turut dari pertumbuhan ekonomi negatif, yang diukur dengan produk domestik bruto (PDB) suatu negara. Resesi juga dapat disertai dengan peningkatan pengangguran, penurunan pasar saham, dan penurunan harga perumahan.

Selama resesi, konsumen cenderung menghabiskan lebih sedikit uang untuk barang-barang pilihan seperti liburan dan mobil baru. Penurunan belanja konsumen ini dapat menyebabkan penurunan pendapatan dan keuntungan bisnis, yang pada akhirnya dapat menyebabkan PHK dan peningkatan pengangguran.

Investor juga dapat menjadi lebih menghindari risiko selama resesi, memilih untuk menginvestasikan uang mereka di aset safe-haven seperti obligasi pemerintah atau emas. Hal ini dapat menyebabkan pasar saham menurun, semakin memperburuk efek resesi.

Sementara resesi bisa sulit bagi bisnis dan individu, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghadapi badai. Misalnya, penting untuk fokus pada arus kas dan profitabilitas selama resesi. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mendiversifikasi basis pelanggan atau bauran produk Anda untuk mengurangi ketergantungan Anda pada satu pasar atau sektor mana pun.

Efek dari resesi

Ketika datang ke efek abadi dari resesi, ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Pertama dan terpenting, resesi cenderung memiliki dampak jangka panjang pada tingkat pengangguran. Ini berarti bahwa bahkan setelah ekonomi mulai pulih, perlu beberapa waktu untuk meningkatkan jumlah pengangguran. Selain itu, resesi sering menyebabkan peningkatan penyitaan dan kebangkrutan pribadi. Terakhir, resesi dapat berdampak negatif pada bisnis dari semua ukuran, terutama bisnis kecil. Semua faktor ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada pasar properti.

Bersiap dalam resesi

Sebagai pemilik bisnis properti, Anda harus selalu siap menghadapi resesi. Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk membantu bisnis Anda menghadapi penurunan ekonomi:

1. Tinjau pengeluaran Anda dan potong biaya jika memungkinkan. Ini adalah saat yang tepat untuk merampingkan operasi Anda dan menyingkirkan pengeluaran yang tidak perlu.

2. Perhatikan portofolio Anda dan pastikan terdiversifikasi. Anda tidak ingin semua telur Anda dalam satu keranjang selama resesi.

3. Pastikan Anda memiliki cadangan yang disisihkan. Dana hari hujan akan membantu Anda mengatasi badai apa pun selama resesi.

4. Awasi pasar dan bersiaplah untuk menyesuaikan strategi Anda seperlunya. Fleksibilitas adalah kunci selama masa ketidakpastian ekonomi.

5. Berkomunikasi dengan penyewa Anda dan bekerja dengan mereka jika mereka mengalami kesulitan keuangan. Menunjukkan belas kasih dan pengertian akan sangat membantu menjaga hubungan baik dengan mereka selama masa-masa sulit.

Sewa kebutuhan properti untuk berhemat selama resesi

Hal pertama yang perlu dilakukan bisnis apa pun selama resesi adalah menghemat uang sedapat mungkin. Dan untuk bisnis properti, menyewa tentunya menjadi cara terbaik untuk mengurangi pengeluaran dan meringankan beban aset. Dengan sewa Anda bisa mengisi properti lebih hemat sampai 90%! Walaupun hemat, Anda tetap bisa memenuhi seluruh kebutuhan properti sehingga bisnis tetap dapat berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Meskipun resesi bisa menjadi hal yang sulit bagi bisnis, masih ada banyak peluang bagi mereka yang berkecimpung dalam bisnis properti. Dengan mempersiapkan terlebih dahulu dan menyadari potensi tantangan, Anda dapat mengatasi badai dan menjadi yang terdepan. 

Apa pun langkah yang Anda ambil untuk mempersiapkan bisnis properti Anda menghadapi resesi, yang terpenting adalah tetap fleksibel dan mudah beradaptasi. Dengan bersiap untuk yang terburuk dan tetap gesit, Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda keluar dari resesi lebih kuat dari sebelumnya.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345