Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 28, 2022

Ternyata Banyak! Ini Dia Jumlah Jejak Karbon yang Dihasilkan Kedai Kopi

Kedai kopi adalah tempat berkumpul yang populer bagi orang-orang di seluruh dunia. Namun yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa bisnis ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan. Dalam posting blog ini, kita akan melihat berapa banyak jejak karbon yang dibuat kedai kopi dan beberapa cara untuk mengurangi hal ini.

Jejak karbon yang dihasilkan kedai kopi

Kedai kopi adalah salah satu bisnis paling populer di dunia. Dan dengan alasan yang bagus - orang suka kopi! Namun yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa kedai kopi dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan.

Kedai kopi rata-rata menghasilkan sekitar 14kg sampah setiap hari. Sebagian besar limbah ini adalah kertas, dari barang-barang seperti cangkir dan tisu. Ini menambahkan hingga sekitar 10 ton sampah kertas setiap tahun hanya dari satu kedai kopi!

Selain limbah kertas, kedai kopi juga menghasilkan banyak limbah makanan. Menurut sebuah penelitian, rata-rata kedai kopi membuang sekitar 1/3 dari semua makanan yang mereka siapkan setiap hari. Itu banyak kopi dan kue-kue yang benar-benar enak yang langsung dibuang ke tempat sampah!

Tips mengurangi jejak karbon kedai kopi

Kedai kopi dapat mengambil sejumlah langkah untuk mengurangi jejak karbon mereka.

Pertama, mereka dapat memperoleh biji kopi dari petani yang mempraktikkan metode pertanian berkelanjutan. Ini termasuk menggunakan pupuk organik, mulsa dengan sekam kopi dan bahan organik lainnya, dan menghindari penggunaan pestisida dan herbisida.

Kedua, kedai kopi dapat berinvestasi dalam peralatan hemat energi. Ini termasuk mesin espresso yang menggunakan lebih sedikit air dan lampu hemat energi.

Ketiga, kedai kopi dapat mendorong pelanggan untuk membawa mug sendiri yang dapat digunakan kembali dengan menawarkan diskon atau insentif lainnya. Ini mengurangi kebutuhan akan gelas sekali pakai, yang merupakan sumber utama limbah.

Keempat, kedai kopi dapat membuat kompos ampas kopi dan sampah organik lainnya. Ini membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan juga menyediakan sumber nutrisi yang berharga untuk kebun dan lahan pertanian.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, kedai kopi dapat secara signifikan mengurangi jejak karbon mereka dan membantu menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan untuk planet kita.

Sewa furnitur dan peralatan untuk mengurangi jejak karbon

Dibutuhkan banyak energi untuk memproduksi furnitur dan peralatan baru. Juga membutuhkan banyak energi untuk mengangkut barang-barang ini dari pabrik ke toko, dan kemudian dari toko ke rumah Anda. Menyewa furnitur dan peralatan adalah cara yang bagus untuk mengurangi jejak karbon Anda karena mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mengangkut barang-barang ini. Saat Anda menyewa furnitur dan peralatan, Anda juga mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan saat barang-barang tersebut tidak lagi digunakan atau dibutuhkan.

Kesimpulan

Industri kedai kopi bertanggung jawab atas sejumlah besar jejak karbon, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi jejak karbon kedai kopi Anda. Banyak kedai kopi telah beralih menggunakan praktik yang lebih berkelanjutan, seperti menggunakan bahan daur ulang dan peralatan hemat energi. Anda juga dapat mendorong pelanggan untuk menggunakan cangkir yang dapat digunakan kembali dan mempromosikan inisiatif daur ulang. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat membantu membuat perbedaan dalam memerangi perubahan iklim.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345