Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

Strategi Menghadapi Ancaman Resesi untuk Bisnis Cafe

Di masa resesi ini, banyak bisnis yang berjuang untuk menjaga tetap bertahan, apalagi bertumbuh. Hal ini terutama berlaku untuk bisnis di sektor Cafe yang akan terpukul keras oleh krisis keuangan. Namun, masih ada peluang yang bisa didapat dan cara untuk mengembangkan bisnis Anda bahkan dalam resesi. Dalam postingan artikel ini, kami akan mengeksplorasi bagaimana mengembangkan bisnis Cafe Anda di masa resesi. Kami akan memberikan cara untuk memangkas biaya dan cara memasarkan Cafe Anda secara efektif. Jadi, jika Anda mencari cara untuk mengembangkan bisnis Cafe Anda di masa resesi, baca artikel untuk mendapatkan beberapa tips terbaik.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Ketahui keadaan ekonomi

Untuk mengembangkan bisnis Cafe Anda selama resesi, penting untuk mengetahui keadaan ekonomi. Meskipun resesi bisa menjadi masa-masa sulit bagi bisnis, ada peluang yang dapat dimanfaatkan untuk tumbuh.

Langkah pertama adalah memahami kondisi ekonomi dan bagaimana pengaruhnya terhadap pasar Cafe. Misalnya, tingkat suku bunga dan tingkat pengangguran merupakan indikator utama kegiatan ekonomi. Jika kedua nilai ini tinggi, maka kemungkinan permintaan Cafe akan rendah serta harga akan tertekan dan mengalami penurunan.

Penting juga untuk mengawasi ekonomi yang lebih luas dan bagaimana hal ini mempengaruhi sektor spesifik Anda. Misalnya, jika terjadi penurunan daya beli konsumen maka hal ini kemungkinan akan berdampak pada permintaan Cafe. Namun, jika telah terjadi peningkatan investasi maka hal ini dapat membuka peluang bagi Anda yang bergerak di bidang Cafe komersial.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang keadaan ekonomi, Anda dapat mulai mengidentifikasi peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini mungkin melibatkan diversifikasi portofolio Anda atau mengambil keuntungan dari penjual yang tertekan. Penting juga untuk diingat bahwa tidak semua sektor akan sama-sama terpengaruh oleh resesi sehingga penting untuk menargetkan area-area yang kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan.

Bagaimana memanfaatkan resesi

Dalam resesi, ada peluang bagi mereka yang mau mencarinya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memanfaatkan resesi dan tetap mengembangkan bisnis Cafe Anda:

  1. Cari Cafe yang tertekan. Dalam resesi, seringkali ada Cafe yang lebih tertekan di pasar. Ini memberikan kesempatan untuk membeli Cafe dengan harga diskon dan kemudian menyewakannya atau membaliknya untuk mendapatkan keuntungan.

  2. Fokus pada arus kas positif. Dalam resesi, bahkan lebih penting untuk fokus pada Cafe dengan arus kas yang positif. Cari Cafe dengan permintaan sewa yang kuat atau yang berlokasi di area dengan potensi pertumbuhan pekerjaan yang tinggi.

  3. Jangan berhutang besar. Dalam resesi, mudah untuk terjebak dalam pendapat investor lain yang menghasilkan keuntungan besar dan mendorong Anda untuk membeli walaupun harus berhutang. Namun, ini bisa menjadi resep bencana jika kondisi pasar berbalik melawan Anda. Bersikaplah konservatif dengan pinjaman Anda dan ambil risiko lebih rendah yang Anda rasa aman.

  4. Memiliki perspektif jangka panjang. Resesi dapat menjadi kesempatan untuk membeli aset dengan harga diskon. Namun, penting untuk diingat bahwa resesi tidak berlangsung selamanya dan pada akhirnya pasar akan pulih. Jangan terjebak dalam mencoba menghasilkan keuntungan cepat. Fokuslah membangun portofolio aset berkualitas yang akan menguntungkan dalam jangka panjang.

  5. Kurangi pengeluaran. Perhatikan pengeluaran Anda dan lihat di mana Anda dapat menguranginya. Bahkan penghematan kecil dapat bertambah seiring waktu dan membantu menjaga bisnis Anda tetap bertahan selama masa-masa sulit.

  6. Tingkatkan upaya pemasaran. Dalam resesi, orang lebih cenderung tinggal di rumah dan meneliti keputusan pembelian mereka secara online sebelum melakukan pembelian. Pastikan situs web dan kehadiran online Anda informatif sehingga calon pelanggan dapat menemukan Anda dengan mudah.

  7. Fokus pada retensi pelanggan. Biaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Buat pelanggan Anda senang dengan memberikan layanan terbaik dan menawarkan insentif bagi mereka untuk terus berbisnis dengan Anda.

Sewa furnitur untuk menghemat biaya

Menyewa furnitur adalah cara yang bagus untuk mengurangi biaya dan risiko dalam bisnis Cafe Anda di tengah resesi. Dengan menyewa furnitur, Anda dapat menghindari keharusan membeli furnitur mahal yang mungkin rusak atau hancur selama resesi. Selain itu, dengan menyewa furnitur, Anda dapat menjaga model bisnis Cafe Anda tetap fleksibel dan mudah beradaptasi dengan perubahan kondisi ekonomi. Terakhir, dengan menyewa furnitur, Anda dapat menjadikan bisnis Cafe Anda lebih menarik bagi calon penyewa yang mencari unit siap huni yang dilengkapi dengan menyewa furnitur berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Cafe Anda bahkan dalam masa resesi sekalipun. Dengan kombinasi strategi ini, Anda dapat mengatasi gelapnya resesi dan berhasil menghadapinya serta menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345