Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

Menjalani Bisnis Real Estate yang Zero-Waste

Sebagai bisnis Real Estate, Anda tentunya menghasilkan banyak limbah. Anda mungkin tidak memikirkannya karena itu hanya bagian tak terpisahkan dari bisnis yang Anda lakukan, tetapi semua sampah ini pada akhirnya harus berakhir ke suatu tempat. Dan biasanya, semua ini berakhir ke tempat pembuangan sampah.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Tetapi bagaimana jika Anda dapat mengubah operasional bisnis Real Estate Anda menjadi minim limbah? Ternyata untuk melakukannya tidak sesulit yang Anda bayangkan, bahkan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa tips bagaimana untuk beralih ke bisnis minim sampah.

Apa yang dimaksud dengan Zero Waste?

Istilah zero waste sering digunakan secara bergantian dengan istilah "keberlanjutan" dan "ramah lingkungan," tetapi sebenarnya mengacu pada serangkaian tujuan lingkungan tertentu. Tujuan utama dari zero waste tidak hanya memastikan “nol sampah” yang tentunya cukup sulit untuk dicapai, tapi setiap upaya yang dilakukan untuk mengirimkan sampah sesedikit mungkin ke tempat pembuangan akhir juga menjadi bagian dari zero waste. Mencapai minim sampah membutuhkan perubahan cara berpikir tentang sampah. Alih-alih melihat sampah sebagai sesuatu yang harus dibuang, kita perlu melihatnya sebagai sumber daya berharga yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang. Zero waste juga mendorong kita untuk memikirkan kembali cara memproduksi barang, memilih bahan dan proses yang ramah lingkungan sebaik mungkin. Ada banyak manfaat untuk mencapai zero waste. Zero waste akan mengurangi ketergantungan kita pada sumber daya yang terbatas, membantu memerangi perubahan iklim, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Zero waste juga memiliki manfaat ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di sektor daur ulang dan manufaktur.

Tantangan menjalani Bisnis Real Estate Zero Waste

Saat ingin beralih ke zero waste, ada mungkin akan menghadapi beberapa tantangan seperti biaya. Beralih ke praktik tanpa limbah yang berkelanjutan terkadang membutuhkan biaya yang lebih besar di awal. Namun, penting untuk diingat bahwa praktik ini pada akhirnya akan menghemat uang dalam jangka panjang. Keberlanjutan dan operasional zero waste bisa menjadi hal baru yang membingungkan pada awalnya. Penting untuk melakukan riset dan mengedukasi diri tentang praktik terbaik untuk situasi Real Estate Anda. Saat ini, ada sangat banyak sumber daya yang tersedia secara online maupun cetak untuk membantu Anda memulai. Setelah Anda melakukan riset dan mengetahui perubahan apa yang perlu Anda buat, menerapkannya ke dalam bisnis Anda pun bisa menjadi hal yang menantang. Mungkin ada beberapa percobaan dan kesalahan akan Anda alami, tetapi tetaplah berusaha! Bahkan perubahan kecil dapat membuat dampak besar dalam hal mengurangi jejak limbah Anda.

Bagimana mengubah Bisnis Real Estate menjadi Zero Waste

Sebagai pemilik bisnis Real Estate, Anda dapat mengurangi dampak lingkungan secara signifikan dengan mengubah operasi bisnis Anda menjadi minim limbah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Kurangi atau hilangkan penggunaan barang sekali pakai: Barang sekali pakai berbahan kertas dan plastik untuk sehari-hari akan menghasilkan banyak sekali sampah. Sebagai gantinya, pilihlah alternatif yang dapat digunakan kembali seperti handuk dan lap berbahan serta peralatan makan dari keramik atau kaca.
  2. Daur ulang dan kompos: Pastikan untuk mendaur ulang semua bahan yang dapat didaur ulang dan kompos sisa makanan dan sampah organik lainnya.
  3. Mengedukasi karyawan dan penyewa: Mendorong karyawan dan penyewa untuk mengadopsi praktik minim sampah dengan membagikan informasi dan sumber terpercaya tentang daur ulang, pengomposan, dan pengurangan konsumsi energi.
  4. Terapkan rencana efisiensi energi: Evaluasi penggunaan energi Anda dan terapkan strategi untuk mengurangi konsumsi listrik, gas, dan air pada Real Estate Anda. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu membuat bisnis Real Estate Anda lebih berkelanjutan dan mengurangi dampak perusahaan Anda terhadap lingkungan.

Sewa perabotan untuk mengurangi limbah

Saat Anda menjalankan bisnis membalik Real Estate, penting untuk memikirkan cara meminimalkan limbah yang dihasilkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyewa furnitur dan perabotan dalam Real Estate Anda alih-alih membeli furnitur baru untuk setiap Real Estate. Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan mengurangi limbah karena Anda dapat menggunakan furnitur yang sama berulang kali di berbagai Real Estate berbeda ketika diperlukan. Sebagai tambahan, setelah selesai dengan furnitur, Anda juga dapat dengan mudah mengembalikannya ke perusahaan sewa sehingga mengurangi limbah yang berakhir ke pembuangan.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat untuk mengubah bisnis Real Estate Anda menjadi operasi tanpa limbah. Anda tidak hanya akan melakukan bagian Anda untuk membantu lingkungan, tetapi Anda juga akan menghemat uang dalam jangka panjang. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda memulai. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah membuat bisnis Real Estate Anda lebih berkelanjutan hari ini!

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345