Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

Mau Terapkan Ekonomi Sirkular di Restoran Anda? Ini Dia Manfaatnya!

Saat dunia menghadapi semakin banyak masalah lingkungan, penting bagi bisnis untuk mulai memikirkan bagaimana mereka dapat beroperasi dengan cara yang lebih berkelanjutan. Tak terkecuali industri restoran. Salah satu cara agar bisnis dapat beroperasi lebih berkelanjutan adalah dengan menerapkan model ekonomi sirkular. Model ini berfokus pada pengurangan pemborosan dan memaksimalkan penggunaan sumber daya. Jika Anda seorang pemilik atau manajer restoran yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menerapkan model ekonomi sirkular dalam bisnis Anda, berikut adalah tips untuk memulai.

Kenapa ekonomi sirkular penting untuk bisnis restoran

Ekonomi sirkular penting bagi restoran karena mengurangi limbah, menghemat sumber daya, dan pada akhirnya menghemat uang. Jika dilakukan dengan benar, ekonomi sirkular dapat membantu restoran menjadi lebih efisien dan mengurangi dampak lingkungannya.

Mengoperasikan restoran menghasilkan banyak limbah. Faktanya, rata-rata restoran menghasilkan sekitar dua pon sampah per orang per makanan. Itu banyak sampah yang harus pergi ke suatu tempat. Sayangnya, sebagian besar berakhir di tempat pembuangan sampah di mana ia menghabiskan ruang yang berharga dan mengeluarkan gas rumah kaca saat terurai.

Ekonomi sirkular menawarkan cara yang lebih baik untuk menangani limbah ini. Dengan menutup loop pada material, ekonomi sirkular mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan restoran. Ini tidak hanya menghemat sumber daya tetapi juga menghemat uang karena lebih sedikit makanan yang perlu dibeli untuk menggantikan apa yang telah dibuang.

Selain itu, ekonomi sirkular dapat membantu restoran menghemat air dan energi. Misalnya, dengan menggunakan air abu-abu dari pencuci piring ke tanaman air, atau menggunakan panas dari dapur untuk menghangatkan ruang makan, restoran dapat sangat mengurangi konsumsi sumber daya mereka. Penghematan ini bertambah seiring waktu dan membantu mengimbangi biaya penerapan ekonomi sirkular sejak awal.

Pada akhirnya, tujuan dari ekonomi sirkular adalah untuk menciptakan sistem di mana pemborosan dihilangkan dan sumber daya dilestarikan. Restoran yang mengadopsi pendekatan ini akan mendapati diri mereka beroperasi lebih efisien dan dengan dampak lingkungan yang lebih sedikit.

Bagaimana restoran dapat menerapkan ekonomi sirkular

Sama seperti bisnis lainnya, restoran menghasilkan limbah dalam bentuk sisa makanan, kemasan, dan barang sekali pakai. Namun, ada banyak cara agar restoran dapat menerapkan prinsip ekonomi sirkular untuk mengurangi jejak limbah mereka dan menjadi lebih berkelanjutan.

Salah satu cara untuk mengurangi sampah adalah dengan fokus pada pencegahan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi ukuran porsi, hanya menyiapkan makanan sesuai pesanan, dan menggunakan bahan-bahan lokal untuk meminimalkan sisa makanan. Selain itu, restoran dapat mendaur ulang atau membuat kompos sisa makanan mereka alih-alih mengirimnya ke tempat pembuangan sampah.

Cara lain untuk mengurangi limbah adalah dengan meningkatkan penggunaan kembali dan daur ulang. Restoran dapat beralih ke peralatan makan, perak, dan gelas yang dapat digunakan kembali alih-alih yang sekali pakai. Mereka juga dapat mendaur ulang minyak goreng mereka untuk bahan bakar biodiesel atau menggunakannya untuk pembangkit listrik. Dan akhirnya, mereka dapat mendorong pelanggan untuk membawa wadah mereka sendiri yang dapat digunakan kembali untuk sisa makanan.

Ini hanya beberapa cara agar restoran dapat menerapkan prinsip ekonomi sirkular. Dengan demikian, mereka tidak hanya akan mengurangi dampak lingkungan tetapi juga menghemat uang dalam jangka panjang.

Sewa peralatan dapur

Ketika datang untuk melengkapi dapur restoran Anda, ada beberapa peralatan utama yang Anda perlukan untuk menghasilkan hidangan berkualitas. Namun, memilih model baru yang hemat energi dapat membantu Anda menghemat uang dan mengurangi dampak lingkungan Anda. 

Daripada membeli peralatan baru, pertimbangkan untuk menyewanya. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan model yang lebih baru tanpa harus khawatir membuang yang lama.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa ekonomi sirkular mendapatkan momentum, dan restoran berada dalam posisi unik untuk memanfaatkan banyak manfaatnya. Dengan menerapkan beberapa tips ini saja, Anda dapat membantu membuat restoran Anda lebih berkelanjutan dan efisien, sekaligus mengurangi biaya. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah membuat restoran Anda lebih sirkular hari ini!

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345