Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

Hindari 9 Kesalahan Pemula Saat Memulai Bisnis FnB

Jadi, Anda ingin memulai bisnis makanan dan minuman? Anda tidak sendirian – menurut Forbes, industri FnB saat ini bernilai $812 miliar. Tetapi dengan usaha baru apa pun, pasti ada beberapa kesalahan pemula. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi kesalahan paling umum yang dilakukan saat memulai bisnis makanan dan minuman. Dari kegagalan untuk meneliti pasar dengan benar hingga tidak memiliki identitas merek yang jelas, kami akan membahas semua yang perlu Anda perhatikan untuk menyiapkan bisnis Anda agar sukses.

Tidak memiliki tujuan yang jelas

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh bisnis F&B baru adalah tidak memiliki visi atau tujuan yang jelas untuk bisnis mereka. Tanpa visi yang jelas, akan sangat sulit untuk membuat keputusan penting tentang bisnis Anda, dan Anda mungkin akhirnya membuang-buang waktu dan sumber daya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting bagi bisnis Anda.

Penting untuk duduk dan memikirkan apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh bisnis F&B Anda, dan dampak seperti apa yang Anda inginkan terhadap pelanggan dan komunitas Anda. Setelah Anda memiliki visi yang jelas untuk bisnis Anda, Anda dapat mulai membuat keputusan yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Tidak melakukan riset

Saat memulai bisnis apa pun, penting bagi Anda untuk melakukan riset. Ini terutama berlaku untuk industri makanan dan minuman. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memulai sebuah restoran, kafe, atau bar, mulai dari menu hingga dekorasi hingga lokasi. Tidak melakukan penelitian Anda dapat menyebabkan kesalahan mahal yang bisa dengan mudah dihindari.

Misalnya, Anda ingin membuka restoran Italia kasual. Anda mungkin berpikir bahwa Anda bisa bertahan dengan menyajikan hidangan pasta dan pizza yang sudah jadi karena itulah yang disajikan oleh sebagian besar restoran Italia kasual. Namun, jika Anda tidak melakukan riset, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada tren orang yang menginginkan hidangan pasta segar yang dibuat sesuai pesanan. Akibatnya, restoran Anda mungkin tidak sesukses yang Anda harapkan karena Anda tidak mengikuti tren ini.

Singkatnya, tidak melakukan riset sebelum memulai bisnis makanan dan minuman dapat menyebabkan kesalahan yang mahal. Sebelum Anda membuka pintu untuk bisnis, pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset.

Tidak mengenal target pasar

Jika Anda memulai bisnis makanan dan minuman, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang target pasar Anda. Tidak mengetahui target pasar Anda adalah salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan saat memulai.

Target pasar Anda adalah sekelompok orang yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda. Ketika Anda tahu siapa target pasar Anda, Anda dapat lebih menyesuaikan upaya pemasaran Anda untuk menjangkau mereka. Tanpa pengetahuan ini, Anda mungkin membuang waktu dan uang untuk pemasaran yang tidak menjangkau orang yang tepat.

Untuk memulai, luangkan waktu untuk meneliti pelanggan potensial Anda. Pertimbangkan demografi mereka, seperti usia, pendapatan, lokasi, dan jenis kelamin. Pikirkan juga kebutuhan dan keinginan mereka—makanan dan minuman apa yang mereka sukai? Apa yang mereka butuhkan dari bisnis makanan dan minuman? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda lebih memahami target pasar Anda dan bagaimana menjangkau mereka.

Tidak mengelola budget

Ketika menyangkut keuangan Anda, salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan adalah tidak memahami ke mana perginya uang Anda. Terlalu sering, orang membabi buta membuang uang pada apa pun yang tampaknya penting saat ini tanpa mengambil langkah mundur untuk memahami gambaran keuangan mereka secara keseluruhan. Ini dapat menyebabkan Anda membuat keputusan impulsif yang pada akhirnya akan membebani Anda lebih banyak dalam jangka panjang.

Untuk menghindari kesalahan ini, luangkan waktu untuk mendidik diri sendiri tentang keuangan pribadi. Ada banyak sumber daya yang tersedia secara online dan di perpustakaan yang dapat membantu Anda lebih memahami konsep keuangan. Selain itu, pertimbangkan untuk bertemu dengan penasihat keuangan untuk mendapatkan saran yang dipersonalisasi untuk situasi unik Anda. Dengan mengambil pendekatan proaktif untuk mempelajari keuangan Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Tidak memiliki rancangan bisnis

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik bisnis FNB baru adalah tidak memiliki rencana bisnis. Rencana bisnis sangat penting untuk bisnis apa pun, tetapi terutama untuk bisnis baru. Tanpa rencana bisnis, mungkin sulit untuk mengetahui apa tujuan Anda, bagaimana mencapainya, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga bisnis Anda tetap pada jalurnya.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana dengan rencana bisnis Anda, ada banyak sumber daya yang tersedia secara online dan di perpustakaan. Anda juga dapat menyewa seorang profesional untuk membantu Anda membuat rencana bisnis yang komprehensif dan efektif.

Berusaha melakukan semua sendiri

Saat pertama kali memulai bisnis makanan dan minuman, mudah untuk mencoba dan melakukan semuanya sendiri. Anda mungkin berpikir bahwa Anda dapat menghemat uang dengan tidak mempekerjakan staf atau bahwa Anda dapat menangani semua operasi sendiri. Namun, ini biasanya tidak terjadi. Mencoba melakukan semuanya sendiri dapat menyebabkan banyak masalah di kemudian hari.

Pertama-tama, Anda mungkin akan menyebarkan diri Anda pada terlalu banyak urusan dan akhirnya tidak akan dapat memberikan perhatian penuh pada setiap tugas yang ada. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan yang dibuat dan hal-hal yang jatuh melalui celah-celah. Selain itu, Anda akan cepat lelah jika mencoba melakukan semuanya sendiri. Sangat penting untuk mendelegasikan tugas dan mempekerjakan karyawan yang dapat Anda percaya untuk membantu menjalankan bisnis Anda dengan lancar.

Tidak sabar

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan bisnis F&B baru adalah tidak cukup sabar. Dibutuhkan waktu untuk membangun bisnis yang sukses, dan hal-hal yang terburu-buru dapat menyebabkan bencana.

Bersabarlah dalam mengembangkan menu Anda dan menyempurnakan resep Anda. Jangan tergoda untuk mengambil jalan pintas atau menyajikan makanan yang kurang dari yang terbaik. Pelanggan Anda akan merasakan perbedaannya dan mungkin tidak akan kembali jika mereka kecewa.

Luangkan waktu Anda saat melatih staf Anda. Mereka harus dapat memberikan tingkat layanan yang Anda harapkan, jadi terburu-buru melalui pelatihan mereka tidak akan membantu dalam jangka panjang.

Dan terakhir, jangan mengharapkan hasil instan. Dibutuhkan waktu untuk membangun kumpulan pelanggan yang loyal, jadi jangan menyerah jika Anda tidak melihat pengembalian investasi Anda secara langsung.

Terlalu cepat menyerah

Salah satu kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan saat memulai bisnis makanan dan minuman adalah menyerah terlalu cepat. Dibutuhkan banyak kerja keras, dedikasi, dan keuletan untuk berhasil dalam industri ini, dan jika Anda menyerah pada tanda pertama masalah, Anda tidak akan pernah berhasil.

Begitu banyak bisnis gagal dalam tahun pertama karena pemiliknya menyerah begitu saja ketika keadaan menjadi sulit. Jika Anda menghadapi kesulitan, jangan menyerah – temukan cara untuk mengatasinya dan terus maju. Dengan ketekunan, Anda dapat membuat bisnis fnb Anda sukses.

Tidak menghemat biaya dengan menyewa peralatan dapur

Saat memulai bisnis makanan, tergoda ingin membeli semua peralatan dapur baru. Namun, ini bisa menjadi kesalahan yang sangat mahal. Jauh lebih bijaksana untuk menyewa peralatan dapur bila memungkinkan. Ini akan membantu meminimalkan biaya keseluruhan bisnis makanan Anda.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika memulai bisnis makanan adalah Anda perlu memperhatikan pengeluaran Anda dengan cermat. Setiap sen penting dan Anda harus sangat berhati-hati ke mana uang Anda pergi. Salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan menyewa peralatan dapur daripada membelinya langsung.

Ada banyak keuntungan dari menyewa peralatan dapur. Pertama-tama, biasanya jauh lebih murah daripada membeli peralatan baru. Selain itu, ini bisa lebih mudah dan tidak membuat stres karena Anda tidak perlu khawatir untuk merawat atau memperbaiki peralatan sendiri.

Manfaat lain dari menyewa peralatan dapur adalah Anda dapat mencoba berbagai merek dan model sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan alat yang sempurna untuk kebutuhan Anda tanpa menghabiskan banyak uang di muka.

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis makanan, pastikan untuk mengingat tips ini untuk menghindari kesalahan pemula. Menyewa peralatan dapur adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan mengurangi tingkat stres. Cobalah berbagai merek dan model hingga Anda menemukan yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis Anda!

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345