Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 28, 2022

Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Terjun ke Bisnis Working Space

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis Working Space, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Jika Anda berambisi untuk memulai dan memiliki sumber daya yang tepat, maka memulai bisnis Working Space bisa menjadi peluang besar bagi Anda. Tetapi jika belum yakin, penting untuk mempertimbangkan kembali hal-hal berikut ini sebelum bergerak maju.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Model bisnis apa yang akan Anda ikuti?

Ada beberapa model bisnis berbeda yang bisa Anda ikuti saat memulai bisnis Working Space. Yang paling umum adalah model buy-to-let, di mana Anda membeli Working Space dan kemudian menyewakannya kepada penyewa. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda mencari investasi jangka panjang dan merasa nyaman menjadi tuan tanah.

Pilihan lainnya adalah flipping Working Space. Ini melibatkan pembelian Working Space dengan tujuan menjualnya kembali dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan. Ini bisa menjadi usaha yang lebih berisiko, tetapi jika Anda mengetahui pasar perumahan dengan baik, itu bisa sangat menguntungkan.

Apa pun model bisnis yang Anda pilih, pastikan Anda melakukan riset dan memahami semua risiko yang terlibat sebelum memulai.

Layanan apa yang dapat Anda tawarkan?

Sebagai bisnis Working Space, ada banyak layanan yang dapat Anda tawarkan kepada klien Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis Working Space Anda:

  • Apakah Anda ingin fokus pada Working Space residensial atau komersial?
  • Apakah Anda ingin mengelola Working Space untuk orang lain, atau hanya membeli dan menjualnya?
  • Area apa yang ingin Anda spesialisasi?
  • Layanan apa yang dapat Anda tawarkan kepada klien Anda?

Misalnya, jika Anda ingin fokus pada Working Space residensial, Anda dapat menawarkan layanan seperti manajemen Working Space, leasing, dan penjualan. Jika Anda ingin fokus pada Working Space komersial, Anda dapat menawarkan layanan seperti konsultasi investasi, manajemen pengembangan, dan Pialang. Ada banyak layanan lain yang dapat Anda tawarkan juga, jadi penting untuk memikirkan apa yang paling bermanfaat bagi klien Anda.

Berapa biaya yang terkait dengan memulai bisnis Working Space?

Biaya yang terkait dengan memulai bisnis Working Space dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda mulai. Misalnya, jika Anda ingin memulai broker real estat, Anda harus memperhitungkan biaya ruang kantor, pemasaran, dan perekrutan karyawan. Jika Anda ingin memulai perusahaan manajemen Working Space, Anda harus memperhitungkan biaya perangkat lunak, lisensi, dan asuransi. Dan jika Anda ingin memulai bisnis persewaan liburan, Anda harus mempertimbangkan biaya untuk menyediakan dan mengiklankan Working Space persewaan Anda.

Tentu saja, ini hanya beberapa contoh dari banyak biaya yang terkait dengan memulai bisnis Working Space. Sebelum membuat keputusan apa pun, pastikan untuk melakukan riset dan berbicara dengan para ahli untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang semua biaya potensial yang terlibat.

Apa saja risiko dalam memulai bisnis Working Space?

Ada beberapa risiko yang dihadapi dalam memulai bisnis Working Space, antara lain:

  • Risiko tidak dapat menemukan penyewa untuk Working Space Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan keuangan jika Anda mengandalkan pendapatan sewa untuk menutupi berbagai kebutuhan harian.

  • Risiko kerusakan Working Space Anda. Hal ini dapat terjadi melalui perusakan, bencana alam, atau kelalaian penyewa. Jika tidak diasuransikan dengan benar, Anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar.

  • Risiko masalah hukum. Ada sejumlah undang-undang dan peraturan yang mengatur pasar Working Space sewaan, dan jika Anda tidak terbiasa dengannya, Anda bisa terjebak dalam situasi buruk. Anda mungkin juga menghadapi perselisihan dengan penyewa atau tetangga dari waktu ke waktu.

  • Risiko stres pribadi dan kelelahan. Mengelola Working Space sewaan bisa menjadi pekerjaan berat, dan ini tidak untuk semua orang. Jika Anda tidak siap menghadapi tantangan yang ada, ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Sewa furnitur untuk meminimalkan risiko

Saat memulai bisnis Working Space, penting untuk meminimalkan risiko jika memungkinkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyewa furnitur daripada membelinya langsung. Artinya, jika bisnis Anda tidak berhasil, Anda tidak akan ditinggalkan dengan furnitur mahal dalam jumlah besar yang tidak dapat Anda jual.

Keuntungan lain dari menyewa furnitur adalah bahwa akan lebih mudah untuk mengubah gaya Working Space Anda jika Anda ingin menarik jenis penyewa yang berbeda. Misalnya, jika Anda awalnya menyewakan kepada siswa tetapi kemudian memutuskan untuk menargetkan profesional muda, Anda dapat dengan mudah mengganti furnitur untuk sesuatu yang lebih mewah.

Tentu saja, ada juga kerugian untuk menyewa furnitur. Yang utama adalah bahwa itu akan menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang daripada jika Anda membeli furnitur secara langsung. Namun, ini perlu dipertimbangkan dengan risiko memulai bisnis Working Space. Secara keseluruhan, menyewa furnitur cenderung menjadi pilihan terbaik untuk meminimalkan risiko.

Berapa banyak waktu dan usaha yang siap Anda berikan?

Sebelum memulai bisnis apa pun, penting untuk mempertimbangkan berapa banyak waktu dan upaya yang ingin Anda lakukan. Bisnis Working Space bisa sangat menuntut, jadi Anda harus yakin bahwa Anda siap untuk mencurahkan waktu dan energi yang diperlukan.

Pikirkan tentang berapa banyak waktu yang secara realistis harus Anda curahkan untuk bisnis Anda. Jika Anda sudah bekerja penuh waktu atau memiliki kewajiban penting lainnya, mungkin tidak layak untuk memulai bisnis Working Space. Bahkan jika Anda punya waktu, apakah Anda bersedia mengorbankan malam dan akhir pekan?

Penting juga untuk mempertimbangkan tuntutan fisik bisnis Working Space. Apakah Anda nyaman dengan pekerjaan manual? Apakah Anda mampu mengangkat benda berat? Jika tidak, Anda mungkin perlu mempekerjakan seseorang untuk membantu aspek bisnis yang lebih menuntut secara fisik.

Terakhir, pikirkan tingkat stres yang membuat Anda nyaman. Bisnis Working Space bisa sangat menegangkan, jadi jujurlah pada diri sendiri tentang apakah Anda siap menghadapi tantangan atau tidak. Jika Anda tidak yakin, selalu ada baiknya untuk berbicara dengan seseorang yang sudah berkecimpung dalam bisnis dan mendapatkan pendapat mereka.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis Working Space, mulai dari lokasi Working Space Anda hingga jenis bisnis yang ingin dijalankan. Namun, jika Anda melakukan riset dan perencanaan dengan matang, memulai bisnis Working Space bisa menjadi cara yang bagus untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan pendekatan yang tepat, bisnis Working Space dapat memberi Anda penghasilan tetap dan potensi pertumbuhan jangka panjang.

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345