Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 15, 2023

9 Promosi Media Sosial yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Ramen

Ramen adalah salah satu hidangan paling populer di dunia, dan ada banyak cara untuk membuatnya. Baik Anda penggemar ramen atau baru memulai bisnis, meluncurkan kampanye media sosial adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan merek Anda. Dengan begitu banyak platform media sosial yang berbeda di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Tapi jangan khawatir - kami siap membantu Anda. Dalam posting blog ini, kami akan membagikan tips untuk meluncurkan kampanye media sosial yang akan membantu kesuksesan bisnis ramen Anda. Jadi tunggu apa lagi? Mari kita mulai!

Gunakan hashtag

Ketika datang ke media sosial, salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tagar. Tagar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan calon pelanggan dan memperkenalkan merek Anda. Berikut adalah beberapa tips menggunakan tagar untuk meluncurkan kampanye media sosial untuk bisnis ramen Anda:

1. Gunakan hashtag yang relevan. Saat memilih tagar, pastikan tagar tersebut relevan dengan bisnis dan kampanye Anda. Misalnya, jika Anda meluncurkan ramen rasa baru, Anda bisa menggunakan tagar #newramenflavor.

2. Gunakan tagar populer. Tagar populer adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Misalnya, tagar #ramenlove sering digunakan para pecinta ramen di media sosial.

3. Gunakan hashtag yang unik. Tagar unik dapat membantu Anda menonjol dari keramaian dan menarik perhatian ke merek Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan tagar #myramenchoice untuk kampanye Anda.

4. Gunakan banyak tagar. Menggunakan banyak tagar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jangkauan Anda dan memastikan bahwa pesan Anda dilihat oleh sebanyak mungkin orang.

5. Promosikan kampanye hashtag Anda. Setelah Anda memilih tagar, pastikan untuk mempromosikan kampanye Anda di semua saluran media sosial Anda!

Buat identitas merek

Saat mempromosikan bisnis ramen Anda di media sosial, salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menciptakan identitas merek yang kuat. Ini berarti memiliki gaya visual yang terdefinisi dengan baik untuk postingan Anda dan menggunakan branding yang konsisten di semua saluran media sosial Anda.

Identitas merek Anda harus mencerminkan nada dan kepribadian keseluruhan bisnis Anda. Misalnya, jika kedai ramen Anda memiliki suasana yang menyenangkan dan kasual, postingan media sosial Anda harus mencerminkan hal itu. Gunakan warna-warna cerah, font lucu, dan visual menarik untuk menarik perhatian dan membuat orang tertarik.

Penting juga untuk memastikan bahwa semua yang Anda posting konsisten dengan identitas merek Anda. Ini berarti menggunakan logo, warna, dan gaya visual umum yang sama di semua platform media sosial Anda. Meskipun Anda memiliki konten yang berbeda untuk setiap platform (mis., foto di Instagram, tautan di Twitter), pastikan semuanya tetap terlihat seperti milik bersama.

Dengan menciptakan identitas merek yang kuat untuk bisnis ramen Anda, Anda akan memudahkan orang mengenali dan mengingat Anda – yang penting untuk mendorong lebih banyak lalu lintas (dan penjualan!) ke toko Anda.

Gunakan influencer

Jika Anda ingin meluncurkan kampanye media sosial yang benar-benar berhasil, pertimbangkan untuk bermitra dengan influencer. Influencer adalah seseorang dengan banyak pengikut di media sosial yang dapat membantu mempromosikan kampanye Anda dan membuat orang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika bekerja dengan influencer:

- Pastikan mereka selaras dengan merek Anda. Anda tidak ingin bermitra dengan seseorang yang nilainya tidak sesuai dengan nilai Anda.

- Pastikan mereka memiliki banyak pengikut dan aktif. Tidak ada gunanya bermitra dengan seseorang yang tidak memiliki banyak pengikut atau yang tidak berinteraksi dengan audiensnya.

- Pastikan Anda memiliki kesepakatan yang jelas tentang apa yang akan Anda bayarkan kepada mereka dan apa yang akan mereka lakukan untuk Anda. Anda tidak ingin berakhir dalam situasi di mana ada kesalahpahaman tentang apa yang telah disepakati.

Berkolaborasi dengan bisnis lain

Ramen merupakan hidangan yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia dan semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, ini adalah makanan yang sempurna untuk membantu mempromosikan kolaborasi antar bisnis. Jika Anda berpikir untuk meluncurkan kampanye media sosial untuk bisnis ramen Anda, pertimbangkan untuk bermitra dengan bisnis lain di industri Anda atau bahkan di luarnya.

Misalnya, jika Anda memiliki restoran ramen, mengapa tidak bermitra dengan tempat pembuatan sake lokal? Anda dapat membuat promosi dan hadiah bersama, atau bahkan membuat item menu khusus yang menampilkan produk kedua bisnis tersebut. Atau, jika Anda menjual mie ramen instan, bekerja samalah dengan perusahaan yang menjual ceret listrik (wajib dimiliki oleh pecinta ramen yang menghargai diri sendiri!).

Berkolaborasi dengan bisnis lain tidak hanya membantu Anda menjangkau pemirsa baru, tetapi juga membuat kampanye media sosial Anda lebih menyenangkan dan menarik bagi semua orang yang terlibat. Jadi tunggu apa lagi? Lakukan brainstorming dan mulailah menjangkau mitra potensial hari ini!

Hadiah

Tidak diragukan lagi bahwa hadiah adalah cara yang bagus untuk meluncurkan kampanye media sosial untuk bisnis ramen Anda. Mereka adalah cara yang bagus untuk membuat orang berbicara tentang merek Anda dan mendapatkan pelanggan baru melalui pintu. Tapi bagaimana Anda menjalankan giveaway yang sukses? Berikut beberapa tipnya:

1. Pilih hadiah yang tepat. Hadiah harus menjadi sesuatu yang menarik bagi audiens target Anda. Bisa berupa semangkuk ramen gratis, kartu hadiah ke restoran Anda, atau bahkan kaos atau merchandise bermerek lainnya.

2. Pastikan persyaratan masuknya jelas. Orang harus tahu persis apa yang perlu mereka lakukan untuk mengikuti giveaway. Baik itu mengikuti merek Anda di media sosial, mendaftar ke daftar email Anda, atau menghadiri acara, pastikan persyaratannya mudah dipahami dan diikuti.

3. Promosikan giveaway di semua saluran Anda. Pastikan semua orang tahu tentang giveaway dengan mempromosikannya di semua saluran media sosial dan daftar email Anda. Gunakan gambar dan video yang menarik, dan temukan cara kreatif untuk membuat orang berbicara tentang giveaway.

4. Gunakan hashtag. Tagar adalah cara yang bagus untuk mempromosikan hadiah Anda dan membuat orang membicarakannya di media sosial. Munculkan beberapa tagar yang relevan dan sering-seringlah menggunakannya di postingan Anda tentang giveaway.

Diskon

Sebagai bisnis ramen, salah satu cara terbaik untuk meluncurkan kampanye media sosial adalah dengan menawarkan diskon. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat orang tertarik dengan produk Anda dan juga membuat mereka membicarakan merek Anda. Anda dapat menawarkan diskon di situs web Anda, melalui media sosial, atau bahkan melalui kampanye pemasaran email. Metode apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda jelas tentang diskon dan apa yang diperlukan. Misalnya, jika Anda menawarkan diskon persentase dari pembelian seseorang, pastikan untuk menentukan berapa persentase itu.

Diskon adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru dan membuat orang membicarakan merek Anda. Pastikan detail diskon Anda jelas agar tidak ada kebingungan.

Kontes

Ketika datang ke kontes media sosial, ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk meluncurkannya untuk bisnis ramen Anda. Pertama, putuskan kontes seperti apa yang ingin Anda jalankan. Ini bisa berupa kontes "sukai dan bagikan", di mana peserta menyukai dan membagikan postingan kontes Anda untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah. Atau, Anda dapat mengadakan kontes teks, di mana orang mengirimkan teks mereka sendiri untuk gambar yang terkait dengan bisnis Anda.

Setelah Anda memutuskan jenis kontes yang ingin Anda selenggarakan, saatnya untuk mulai mempromosikannya! Pastikan untuk memposting tentang kontes di semua saluran media sosial Anda, dan sertakan tautan kembali ke situs web atau blog Anda sehingga orang dapat masuk. Anda juga dapat mempromosikan kontes melalui pemasaran email atau bahkan metode periklanan tradisional seperti selebaran atau poster di bisnis lokal.

Terakhir, jangan lupa untuk benar-benar mengikuti kontes setelah selesai. Umumkan pemenang (atau pemenang) di media sosial, dan kirimkan hadiah apa pun yang dijanjikan. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai keterlibatan mereka, dan dapat membantu mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam kontes atau promosi mendatang.

Aktif di berbagai platform

Jika Anda ingin meluncurkan kampanye media sosial untuk bisnis ramen Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah aktif di berbagai platform. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak keterlibatan.

Beberapa platform terbaik untuk fokus adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Tapi jangan lupakan opsi lain seperti Snapchat dan Pinterest. Kuncinya adalah mencari tahu di mana audiens target Anda nongkrong online dan kemudian pastikan Anda aktif di platform tersebut.

Tip bagus lainnya adalah mencampur konten Anda. Jangan hanya memposting tentang ramen Anda sepanjang waktu. Sebaliknya, bagikan foto di balik layar, berikan tips tentang cara membuat semangkuk ramen yang sempurna, atau bagikan fakta menarik tentang budaya ramen. Dengan memadukan konten Anda, Anda akan membuat orang tetap terlibat dan tertarik dengan apa yang Anda katakan.

Coba iklan berbayar

Iklan berbayar adalah cara yang bagus untuk menampilkan bisnis ramen Anda kepada calon pelanggan di media sosial. Ada sejumlah cara berbeda untuk melakukannya, termasuk mempromosikan kiriman Anda dengan Iklan Facebook atau Iklan Twitter, atau bahkan menjalankan kampanye iklan bertarget di Instagram.

Dalam hal iklan media sosial berbayar, penting untuk mengetahui audiens Anda dan platform apa yang paling sering mereka gunakan. Misalnya, jika target pasar Anda adalah dewasa muda, Anda ingin memfokuskan upaya Anda pada Snapchat dan Instagram. Dan tentu saja, selalu pastikan iklan Anda kreatif dan menarik sehingga menonjol dari yang lain!

Sewa aset untuk meningkatkan skala bisnis Anda

Ketika Anda berpikir untuk memulai kampanye media sosial untuk bisnis ramen Anda, salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan jenis kampanye apa yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Ada beberapa jenis kampanye media sosial yang dapat Anda luncurkan, tetapi salah satu cara paling efektif untuk menjangkau pelanggan baru adalah dengan menyewa aset.

Menyewa aset adalah cara yang bagus untuk menskalakan kampanye media sosial Anda karena memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang dapat Anda lakukan hanya dengan jaringan pribadi Anda sendiri. Saat Anda menyewa aset, pada dasarnya Anda meminjam audiens orang lain dan menggunakannya untuk mempromosikan bisnis Anda sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan baru yang mungkin tidak mengenal merek Anda.

Ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk menyewa aset. Salah satu opsinya adalah bermitra dengan bisnis lain di industri Anda dan mempromosikan bisnis satu sama lain di saluran media sosial Anda masing-masing. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur ke audiens baru tanpa harus menginvestasikan uang untuk iklan.

Pilihan lainnya adalah menyewa ruang di situs web atau blog orang lain. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan eksposur untuk merek Anda tanpa harus berinvestasi dalam membuat konten Anda sendiri. Anda cukup membayar biaya kepada pemilik situs web atau blog untuk setiap bulan iklan Anda muncul di situs mereka.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345