Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 15, 2023

9 Langkah Mendukung Zero Waste pada Bisnis Clothing Line dan Fashion

Jika Anda menjalankan bisnis clothing line, pemborosan adalah musuhnya. Sayangnya, ini sejalan dengan produksi, dan semakin banyak Anda menghasilkan, semakin banyak limbah yang Anda hasilkan. Tapi ada cara untuk mengurangi limbah Anda, baik untuk keberlanjutan Anda sendiri maupun untuk lingkungan. Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi cara-cara untuk meminimalkan pemborosan untuk bisnis clothing line Anda. Dari sumber berkelanjutan hingga mengadopsi praktik pengemasan ramah lingkungan, tips ini akan membantu Anda mengurangi jejak karbon dan memastikan bahwa proses produksi Anda sehijau mungkin.

Desain untuk limbah minimal

Untuk merancang limbah yang minimal, Anda harus mempertimbangkan seluruh siklus hidup produk dari awal hingga akhir. Ini berarti memikirkan bagaimana produk Anda dibuat, digunakan, dan dibuang.


Salah satu cara untuk mengurangi sampah adalah dengan memilih bahan yang awet dan tahan lama. Serat alami seperti wol dan linen adalah pilihan yang baik, karena dapat dipakai selama bertahun-tahun tanpa menunjukkan tanda-tanda aus. serat buatan seperti poliester dan nilon juga sangat tahan lama.


Cara lain untuk mengurangi limbah adalah merancang produk Anda sehingga mudah diperbaiki atau digunakan kembali. Misalnya, menggunakan kancing atau velcro sebagai pengganti kancing membuatnya lebih mudah untuk memperbaiki pakaian jika ada yang longgar. Dan menggunakan ritsleting yang kokoh daripada yang tipis berarti garmen lebih mungkin bertahan selama bertahun-tahun.


Terakhir, ketika tiba waktunya untuk membuang produk Anda, Anda dapat memilih untuk mendaur ulang atau menyumbangkannya untuk amal. daur ulang membutuhkan lebih sedikit energi daripada membuat produk baru dari awal, jadi ini cara yang bagus untuk mengurangi jejak karbon Anda. Menyumbangkan pakaian Anda juga merupakan cara yang bagus untuk memberi mereka kehidupan kedua dan menjauhkan mereka dari tempat pembuangan sampah.

Pertimbangkan untuk menggunakan bahan yang berkelanjutan

Ada sejumlah bahan ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk pakaian, antara lain bambu, rami, kapas organik, dan poliester daur ulang. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam hal kesinambungan, jadi penting untuk memilih bahan yang tepat untuk lini pakaian Anda.


Bambu adalah rumput yang tumbuh cepat yang tidak membutuhkan pestisida atau herbisida untuk tumbuh. Ini juga dapat terurai secara hayati dan menyerap, menjadikannya pilihan yang baik untuk pakaian yang akan sering dipakai.


Rami adalah bahan berkelanjutan lainnya yang tahan lama dan mudah tumbuh. Ini membutuhkan lebih sedikit air daripada kapas dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis kain.


Kapas organik ditanam tanpa menggunakan bahan kimia dan pestisida berbahaya. Ini menjadikannya pilihan yang lebih berkelanjutan daripada kapas konvensional. Poliester daur ulang terbuat dari botol plastik pasca-konsumen dan bahan daur ulang lainnya. Ini membutuhkan lebih sedikit energi dan air untuk diproduksi daripada poliester murni, menjadikannya pilihan yang lebih berkelanjutan.

Gunakan metode pencetakan digital

Metode pencetakan digital menjadi semakin populer di industri garmen sebagai cara untuk meminimalkan limbah. Metode pencetakan ini menggunakan file digital desain Anda, yang kemudian dicetak langsung ke kain menggunakan teknologi inkjet atau laser.


Ada beberapa keuntungan menggunakan metode digital printing untuk bisnis clothing line Anda:


1. Anda dapat mencetak pada berbagai jenis kain, termasuk serat alami seperti katun dan linen.


2. Pencetakan digital lebih presisi daripada metode sablon tradisional, sehingga Anda dapat mencapai desain detail tanpa risiko corengan atau luntur.


3. Pencetakan digital adalah proses yang lebih cepat daripada metode tradisional, sehingga Anda dapat membawa pakaian Anda ke pasar lebih cepat.


4. Tidak perlu biaya penyiapan atau jumlah pesanan minimum saat Anda menggunakan digital printing, sehingga sangat ideal untuk usaha kecil atau yang baru memulai di industri garmen.


5. Anda dapat dengan mudah mencetak banyak warna dan desain yang rumit tanpa biaya tambahan.

Gabungkan daur ulang atau daur ulang ke dalam desain Anda

Salah satu cara untuk mengurangi limbah saat memulai lini pakaian adalah dengan memasukkan daur ulang atau daur ulang ke dalam desain Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan bahan daur ulang pada pakaian Anda atau menawarkan opsi kepada pelanggan untuk menukar pakaian lama mereka dengan yang baru.


Cara lain untuk mengurangi limbah adalah memilih kain berkelanjutan yang terbuat dari sumber daya terbarukan dan tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Beberapa pilihan kain berkelanjutan termasuk katun organik, bambu, dan rami.


Terakhir, Anda juga dapat mengurangi pemborosan dengan berinvestasi pada pakaian berkualitas yang akan bertahan lebih lama. Ini tidak hanya mengurangi jumlah pakaian yang berakhir di TPA, tetapi juga menghemat uang pelanggan Anda dalam jangka panjang.

Gunakan pewarna alami

Jika Anda ingin meminimalkan pemborosan dalam bisnis clothing line Anda, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pewarna alami. Ini dapat membantu mengurangi jumlah air dan bahan kimia yang digunakan dalam proses pewarnaan, serta jumlah energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan pewarna sintetis.


Ada beberapa cara berbeda untuk menggunakan pewarna alami. Anda dapat membeli pewarna alami yang sudah jadi, atau Anda dapat membuatnya sendiri dari awal menggunakan tumbuhan, buah-buahan, dan bahan alami lainnya. Jika Anda membuat pewarna sendiri, pastikan untuk meneliti dengan benar cara melakukannya dengan aman dan efektif; beberapa bahan bisa menjadi racun jika tidak digunakan dengan benar.


Setelah pewarna alami Anda siap, proses pewarnaannya cukup mudah. Cukup rendam kain Anda dalam rendaman pewarna selama waktu yang diinginkan, lalu bilas dan keringkan seperti biasa. Hasilnya akan cantik, pakaian unik yang ramah lingkungan dan bergaya!

Berinvestasi dalam kualitas daripada kuantitas

Jika Anda memulai lini pakaian, salah satu cara untuk meminimalkan pemborosan adalah dengan berinvestasi dalam kualitas daripada kuantitas. Ini berarti Anda harus fokus membeli pakaian yang dibuat lebih baik daripada pakaian yang dibuat lebih murah. Pakaian yang lebih baik akan bertahan lebih lama dan terlihat lebih baik, yang akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Selain itu, berinvestasi dalam kualitas daripada kuantitas akan membantu Anda membangun reputasi lini pakaian Anda sebagai berkualitas tinggi dan dibuat dengan baik.

Hindari kemasan yang berlebihan

Jika Anda memulai lini pakaian, salah satu tujuan utama Anda adalah meminimalkan limbah dan beroperasi secara berkelanjutan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghindari pengemasan produk yang berlebihan.


kemasan berlebih tidak hanya buruk bagi lingkungan, tetapi juga dapat merugikan bisnis Anda. Penting untuk menyeimbangkan antara menggunakan kemasan yang cukup untuk melindungi produk Anda dan menggunakan terlalu banyak kemasan yang pada akhirnya akan sia-sia.


Menawarkan jasa perbaikan

Jika Anda ingin meminimalkan pemborosan untuk bisnis lini pakaian Anda, salah satu caranya adalah dengan menawarkan layanan perbaikan. Ini tidak hanya memperpanjang umur produk Anda, tetapi juga menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda peduli dengan mereka dan pengalaman mereka dengan merek Anda.


Mendidik pelanggan Anda

Langkah pertama untuk meminimalkan pemborosan untuk bisnis clothing line Anda adalah mengedukasi pelanggan Anda. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melalui artikel blog, posting media sosial, atau bahkan acara langsung.


Salah satu cara mengedukasi pelanggan Anda tentang pentingnya meminimalkan limbah adalah dengan berbagi cerita tentang bagaimana produksi pakaian memengaruhi lingkungan. Misalnya, Anda dapat menulis postingan blog tentang polusi air yang disebabkan oleh manufaktur tekstil atau jumlah energi yang dibutuhkan untuk memproduksi kain sintetis. Berbagi jenis cerita ini akan membantu pelanggan Anda memahami pentingnya mendukung bisnis yang bekerja untuk meminimalkan dampak lingkungan mereka.


Selain berbagi cerita, Anda juga bisa memberikan tips bagaimana pelanggan Anda bisa meminimalisir pemborosan dalam kehidupannya sendiri. Misalnya, Anda dapat berbagi ide untuk mengurangi lemari pakaian yang berantakan atau memilih pilihan pakaian yang ramah lingkungan. Dengan memberikan informasi berharga seperti ini, Anda akan membantu pelanggan membuat pilihan yang lebih berkelanjutan – dan itu baik untuk mereka dan planet ini!

Kesimpulan

Kami harap artikel ini memberi Anda beberapa tip bermanfaat tentang cara meminimalkan pemborosan dalam produksi clothing line Anda. Dari mengurangi limbah kain melalui pemotongan dan ukuran yang tepat, hingga memanfaatkan kelebihan bahan untuk proyek skrap, ada berbagai metode yang dapat Anda terapkan untuk membatasi jumlah limbah tekstil yang dihasilkan oleh bisnis Anda. Dengan meminimalkan sumber daya dan tenaga kerja yang terbuang, Anda akan menciptakan produk yang lebih berkelanjutan yang berdampak positif bagi lingkungan kita sembari tetap menyediakan item pakaian berkualitas untuk pelanggan Anda.

Sewa aset agar lebih sirkular

Dalam hal mode, istilah "melingkar" mengacu pada sistem loop tertutup di mana sumber daya digunakan berulang kali. Dengan kata lain, mode melingkar adalah tentang menjaga agar pakaian tetap digunakan selama mungkin—yang mengurangi limbah, menghemat sumber daya, dan pada akhirnya membantu melindungi lingkungan.


Ada beberapa cara untuk membuat garis pakaian Anda lebih melingkar. Salah satu opsinya adalah menyewa aset alih-alih membelinya langsung. Ini bisa berarti menyewa ruang untuk toko pop-up atau butik Anda, atau bermitra dengan perusahaan persewaan lokal untuk menyediakan furnitur atau dekorasi untuk acara Anda.


Cara lain untuk mengurangi limbah adalah dengan menawarkan perbaikan atau perubahan pada pakaian Anda. Ini tidak hanya memperpanjang umur pakaian, tetapi juga memberikan layanan tambahan bagi pelanggan Anda. Anda juga dapat bermitra dengan pembersih atau penjahit lokal yang dapat menangani perbaikan dan perubahan ini untuk Anda.


Terakhir, pertimbangkan untuk menyumbangkan inventaris atau sampel yang belum terjual ke badan amal atau organisasi lokal yang mendukung inisiatif ramah lingkungan. Dengan menjauhkan pakaian dari tempat pembuangan sampah, Anda melakukan bagian Anda untuk mengurangi limbah lingkungan.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345