Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 30, 2023

9 Cara Mudah Menghemat Budget di Restoran Ramen Anda

Setiap pemilik bisnis tahu bahwa menabung adalah prioritas utama. Lagipula, semakin banyak uang yang bisa Anda hemat, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan! Tetapi ketika berbicara tentang menjalankan bisnis makanan, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai untuk menghemat uang. Jika Anda berada di industri ramen, jangan pernah takut! Kami telah menyusun daftar tips untuk membantu Anda menghemat anggaran untuk bisnis ramen Anda. Dari kontrol porsi hingga tip hemat energi, tip ini pasti akan membantu keuntungan Anda.

Investasikan dalam kompor ramen berkualitas

Jika Anda ingin menghemat uang untuk bisnis ramen Anda, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berinvestasi pada alat masak ramen yang berkualitas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih alat masak ramen, seperti kapasitas, sumber panas, dan fitur.


Dalam hal kapasitas, Anda sebaiknya memilih kompor ramen yang dapat menampung jumlah ramen yang Anda rencanakan untuk dibuat. Jika Anda hanya membuat ramen dalam jumlah kecil, maka kompor yang lebih kecil sudah cukup. Namun, jika Anda berencana membuat batch yang lebih besar atau berniat melayani kelompok besar, maka Anda membutuhkan kompor dengan kapasitas yang lebih besar.


Untuk sumber panasnya, kebanyakan kompor ramen menggunakan gas atau listrik. Kompor bertenaga gas cenderung lebih mahal di muka, tetapi akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang karena lebih hemat energi. Kompor listrik lebih murah di muka dan lebih mudah digunakan, tetapi tidak seefisien kompor bertenaga gas.


Terakhir, dalam hal fitur, Anda pasti ingin memilih alat masak ramen yang memiliki semua lonceng dan peluit yang Anda butuhkan. Beberapa fitur yang mungkin Anda inginkan termasuk pematian otomatis, pengatur waktu, dan pengaturan suhu yang dapat disesuaikan. Fitur-fitur ini akan membantu membuat pengalaman memasak Anda lebih nyaman dan efisien, yang pada akhirnya akan menghemat waktu dan uang Anda.

Beli bahan-bahan segar

Dalam hal membuka toko ramen dengan anggaran terbatas, salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan membeli bahan-bahan segar. Ini tidak hanya akan memastikan bahwa makanan Anda memiliki kualitas terbaik, tetapi juga akan membantu menekan biaya.


Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berbelanja di pasar petani lokal atau langsung dari petani. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan produk paling segar untuk toko Anda, dan seringkali dengan biaya lebih rendah daripada yang Anda temukan di toko bahan makanan.


Pilihan lainnya adalah menanam sayuran dan rempah-rempah Anda sendiri. Ini mungkin membutuhkan investasi di muka dalam hal waktu dan usaha, tetapi itu benar-benar dapat membuahkan hasil dalam jangka panjang. Anda tidak hanya akan memiliki akses ke bahan-bahan segar sepanjang tahun, tetapi Anda juga dapat menghemat biaya makanan secara keseluruhan.

Gunakan lebih sedikit garam

Jika Anda ingin menghemat uang untuk bisnis ramen Anda, satu tempat yang bisa Anda mulai adalah dengan menggunakan lebih sedikit garam. Ini tidak berarti makanan Anda harus hambar – ada banyak cara lain untuk menambahkan rasa tanpa menggunakan garam. Coba gunakan bumbu dan rempah segar, atau bereksperimen dengan kombinasi rasa baru. Anda mungkin terkejut betapa banyak rasa yang bisa Anda dapatkan tanpa menggunakan banyak garam.

Buat kaldu sendiri

Jika Anda ingin menghemat uang untuk bisnis ramen Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membuat kaldu sendiri. Ini mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi sebenarnya cukup sederhana dan dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang.


Ada beberapa cara berbeda untuk membuat kaldu, tetapi metode yang paling umum adalah merebus tulang dan sayuran dalam air dalam waktu lama. Ini mengekstrak semua rasa dari bahan dan menghasilkan kaldu yang kaya rasa.


Cara lain untuk membuat kaldu adalah dengan menggunakan pressure cooker. Cara ini jauh lebih cepat daripada merebus, tetapi masih membutuhkan waktu untuk mendapatkan rasa yang Anda inginkan.


Setelah Anda membuat kaldu, penting untuk menyimpannya dengan benar. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membekukannya dalam wadah kecil sehingga Anda dapat mencairkan dan hanya menggunakan yang Anda butuhkan. Ini akan membuat kaldu Anda tetap segar dan mencegah pemborosan.

Hemat waktu dengan mie premade

Mie ramen adalah pilihan makanan yang cepat dan mudah, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat anggaran makanan Anda. Mie premade dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong, dan biasanya harganya lebih murah daripada membeli mie ramen dalam kemasan satuan. Anda juga bisa berhemat dengan membuat mi ramen sendiri di rumah. Resep mie ramen sudah tersedia secara online, dan biasanya sangat mudah dibuat.

Dapatkan diskon massal

Jika Anda ingin menghemat uang untuk bisnis ramen Anda, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendapatkan diskon besar-besaran. Ini dapat dilakukan dengan membeli bahan-bahan Anda dalam jumlah besar, atau dengan bernegosiasi dengan pemasok untuk harga yang lebih baik.


Cara lain untuk mendapatkan diskon grosir adalah dengan membeli mie ramen siap pakai. Ini dapat ditemukan di banyak pasar Asia, dan seringkali jauh lebih murah daripada membeli mie dari perusahaan pemasok restoran.


Terakhir, jika Anda memiliki pesanan yang cukup banyak, Anda mungkin bisa mendapatkan diskon dari toko ramen lokal Anda. Ini biasanya hanya tersedia untuk pesanan 1000 mie atau lebih, tetapi pasti patut untuk ditanyakan.

Gunakan kupon dan berbelanja

Jika Anda ingin menghemat uang untuk bisnis ramen Anda, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan kupon dan berbelanja. Ada banyak penawaran hebat di luar sana jika Anda meluangkan waktu untuk mencarinya.


Salah satu cara untuk menemukan kupon adalah dengan mencari secara online. Ada banyak situs web yang menawarkan kupon untuk berbagai produk, termasuk makanan. Anda juga dapat memeriksa koran Minggu untuk iklan dan kupon toko kelontong. Pilihan lainnya adalah mendaftar buletin dari toko favorit Anda. Dengan cara ini, Anda akan diberi tahu tentang obral dan promosi khusus.


Setelah Anda memiliki beberapa kupon, saatnya untuk mulai berbelanja. Bandingkan harga di toko yang berbeda sebelum melakukan pembelian. Ada baiknya juga untuk memeriksa pengecer online, karena mereka sering menawarkan harga yang kompetitif. Saat Anda melakukan pembelian, pastikan untuk menggunakan kupon Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Berinvestasi dalam peralatan hemat energi

Jika Anda ingin menghemat uang untuk tagihan listrik, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berinvestasi pada peralatan hemat energi. Ini termasuk barang-barang seperti lemari es, freezer, oven, mesin pencuci piring, dan mesin cuci. Cari label Energy Star saat berbelanja peralatan baru; label ini berarti alat memenuhi standar efisiensi energi tertentu yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan A.S. Anda tidak hanya akan menghemat uang untuk tagihan bulanan Anda dengan menggunakan lebih sedikit energi, tetapi Anda juga akan melakukan bagian Anda untuk membantu lingkungan.

Kurangi biaya tenaga kerja

Dalam bisnis apa pun, salah satu pengeluaran terbesar adalah tenaga kerja. Dalam industri restoran, hal ini terutama terjadi karena sebagian besar bisnis bergantung pada karyawan untuk segala hal mulai dari memasak dan menyajikan makanan hingga bersih-bersih setelahnya. Akibatnya, mengurangi biaya tenaga kerja dapat berdampak signifikan pada keuntungan Anda.


Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Pertama, Anda dapat mencermati kebutuhan staf Anda dan melakukan penyesuaian yang sesuai. Ini mungkin berarti mengurangi jumlah karyawan yang Anda miliki pada staf selama periode yang lebih lambat atau mencari cara untuk meningkatkan efisiensi sehingga lebih sedikit anggota staf yang dibutuhkan.


Cara lain untuk mengurangi biaya tenaga kerja adalah dengan memanfaatkan teknologi. Sistem otomatis dapat membantu tugas-tugas seperti menerima pesanan dan menerima pembayaran, membebaskan karyawan untuk tugas-tugas lain. Selain itu, layanan pemesanan dan pengiriman online dapat membantu mengurangi kebutuhan staf front-of-house selama masa sibuk.


Terakhir, ingatlah bahwa karyawan Anda adalah aset Anda yang paling berharga. Berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan dapat membantu meningkatkan moral dan motivasi, menghasilkan anggota staf yang lebih produktif dan efisien. karyawan yang bahagia juga cenderung tidak akan pergi, yang dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang dalam hal biaya perputaran.

Kesimpulan

Meskipun ramen adalah hidangan yang cukup murah untuk memulai, ada beberapa cara agar Anda dapat lebih menghemat biaya tanpa mengorbankan kualitas. Dengan mengikuti tips yang tercantum di atas, Anda akan dapat menghemat uang tanpa mengurangi bahan atau rasa dari bisnis ramen Anda. Apakah Anda punya tips hemat biaya lainnya? Bagikan di komentar di bawah!

Sewa aset untuk menghemat anggaran bisnis Anda

Sebagai pemilik restoran ramen, salah satu cara terbaik untuk menghemat anggaran adalah dengan menyewa aset. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari peralatan dapur komersial hingga perabot makan. Ini tidak hanya akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang, tetapi juga akan membebaskan ruang di restoran Anda untuk hal-hal lain.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345