Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Dec 8, 2022

8 Tips untuk Mengurangi Jejak Karbon Bisnis Bakso Anda

Industri perhotelan adalah salah satu konsumen energi terbesar di Amerika Serikat. Menurut EPA, sektor jasa makanan komersial saja menyumbang hampir 4% dari semua energi yang digunakan di negara ini. Dan dengan perubahan iklim menjadi masalah global yang semakin mendesak, semakin penting bagi Bakso untuk menemukan cara mengurangi jejak karbon mereka. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan Bakso untuk mengurangi penggunaan energi mereka, mulai dari menggunakan peralatan yang lebih efisien hingga menerapkan program daur ulang dan pengomposan. Dalam posting blog ini, kami akan membagikan 8 tips yang dapat digunakan Bakso untuk mengurangi jejak karbon mereka.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Apa itu jejak karbon?

Jejak karbon adalah jumlah total gas rumah kaca yang dipancarkan oleh individu, bisnis, atau negara. Bakso dapat memiliki jejak karbon yang besar karena emisi dari memasak dan transportasi. Ada banyak cara agar Bakso dapat mengurangi jejak karbon mereka, seperti menggunakan peralatan hemat energi, menggunakan bahan-bahan lokal, dan membuat kompos dari sisa makanan.

Dampak industri Bakso terhadap lingkungan

Industri Bakso adalah salah satu industri paling berpolusi di dunia. Ini bertanggung jawab atas sebagian besar emisi karbon, polusi air, dan limbah makanan. Ada beberapa cara agar Bakso dapat mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

  1. Gunakan makanan laut yang berkelanjutan: Makanan laut adalah bagian utama dari banyak menu Bakso. Sayangnya, industri perikanan adalah salah satu industri paling berpolusi di dunia. Penangkapan ikan yang berlebihan, perusakan habitat, dan polusi adalah semua masalah utama yang terkait dengan industri perikanan. Bakso dapat membantu mengurangi masalah ini dengan mengambil makanan laut mereka dari perikanan berkelanjutan.

  2. Gunakan produk lokal dan organik: Produksi makanan membutuhkan banyak energi dan sumber daya. Jika memungkinkan, Bakso harus mendapatkan produk mereka dari pertanian lokal dan organik. Ini mengurangi jumlah energi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengangkut makanan ke Bakso, serta jumlah pestisida dan bahan kimia lain yang digunakan dalam produksinya.

  3. Kurangi sisa makanan: Diperkirakan 40% makanan yang diproduksi di Amerika Serikat tidak pernah dimakan. Makanan yang terbuang ini berakhir di tempat pembuangan sampah di mana ia terurai dan mengeluarkan metana, gas rumah kaca yang kuat. Bakso dapat membantu mengurangi masalah ini dengan mengurangi limbah makanan melalui kontrol porsi, pengomposan, dan metode lainnya.

  4. Gunakan metode memasak hemat energi: Dapur adalah salah satu sumber penggunaan energi terbesar di sebuah Bakso. Metode memasak hemat energi seperti memasak induksi dapat membantu mengurangi penggunaan energi ini.

Kiat untuk mengurangi jejak karbon Anda

Sebagai sebuah bisnis, jejak karbon Anda adalah jumlah total gas rumah kaca yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda sebagai akibat dari aktivitasnya. Dan ketika dunia menjadi lebih sadar akan dampak buruk dari perubahan iklim, semakin penting bagi bisnis untuk mengurangi jejak karbon mereka.

Ada beberapa cara Bakso dapat mengurangi jejak karbon mereka, dan kami telah menguraikan beberapa tips di bawah ini:

  1. Gunakan peralatan hemat energi: Salah satu cara termudah untuk mengurangi jejak karbon Anda adalah beralih ke peralatan hemat energi. Ini tidak hanya mencakup barang-barang seperti lemari es dan oven, tetapi juga barang-barang kecil seperti mesin pencuci piring dan microwave.

  2. Menerapkan rencana pengurangan limbah: Limbah makanan adalah salah satu penyumbang terbesar jejak karbon Bakso. Dengan menerapkan rencana pengurangan limbah makanan, Anda dapat membuat dampak besar pada jejak karbon Anda. Beberapa tip untuk mengurangi limbah makanan termasuk kontrol porsi, perencanaan menu, dan bekerja sama dengan pemasok untuk mendapatkan produk lokal dan musiman.

  3. Gunakan bahan bangunan yang berkelanjutan: Saat membangun atau merenovasi Bakso Anda, pastikan untuk menggunakan bahan bangunan yang berkelanjutan seperti bambu, kaca daur ulang, dan cat dan pelapis VOC rendah. Bahan-bahan ini memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah daripada bahan tradisional dan akan membantu Anda mengurangi jejak karbon Anda.

  4. Berinvestasi dalam energi terbarukan: Cara lain untuk mengurangi jejak karbon Bakso Anda adalah berinvestasi dalam sumber energi terbarukan seperti panel surya atau turbin angin. Bahkan jika Anda tidak dapat memasangnya sendiri, Anda dapat mendukung energi terbarukan

Menyewa furnitur dan peralatan dapur membantu mengurangi jejak karbon

Menyewa furnitur dan peralatan dapur adalah salah satu cara Bakso dapat mengurangi jejak karbon mereka. Dengan menyewa, Bakso dapat menghindari kebutuhan untuk membeli perabotan dan peralatan baru, yang sering kali memiliki jejak karbon yang besar. Selain itu, dengan menyewa, Bakso dapat menghindari kebutuhan untuk membuang furnitur dan peralatan lama, yang juga memiliki jejak karbon yang besar.

Kesimpulan

Ada banyak hal yang dapat dilakukan Bakso untuk mengurangi jejak karbon mereka dan memberikan dampak positif bagi lingkungan. Kami berharap tips kami telah memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat membuat Bakso Anda lebih berkelanjutan. Setiap sedikit membantu dalam hal mengurangi jejak karbon Anda dan membuat perbedaan bagi planet ini.

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345