Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 28, 2022

8 Pertanyaan Penting Yang Harus Pikirkan Sebelum Anda Memulai Bisnis Dessert

Apakah Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis dessert? Jika demikian, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Meskipun mungkin tergoda untuk terjun langsung dan mulai menyiapkan kreasi menakjubkan Anda, ada beberapa hal penting untuk dipikirkan yang akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk sukses. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis dessert Anda. Dari menyusun rencana bisnis yang sempurna hingga menentukan target pasar Anda, kiat-kiat ini akan membantu memastikan bahwa bisnis Anda memiliki peluang terbaik untuk sukses. Jadi, apa yang Anda tunggu? Mari kita mulai!

Apa tujuan Anda?

Sebelum Anda mengambil risiko dan memulai bisnis dessert Anda sendiri, penting untuk bertanya pada diri sendiri apa tujuan Anda. Apa yang mendorong Anda ingin menjadi pengusaha dessert? Tanpa tujuan yang jelas untuk apa yang Anda lakukan, akan sulit untuk berhasil di dunia pencuci mulut yang sangat kompetitif.

Pikirkan tentang jenis dessert yang Anda suka buat dan makan. Apa yang membuat Anda bersemangat mencoba kombinasi rasa baru atau membuat kreasi unik? Ketika Anda memiliki maksud yang kuat untuk sesuatu, itu terlihat dalam pekerjaan Anda – dan itulah yang ditanggapi oleh pelanggan.

Jika Anda tidak yakin apa keinginan Anda, tidak apa-apa. Luangkan waktu untuk bereksperimen di dapur dan lihat apa yang menginspirasi Anda. Tidak perlu terburu-buru untuk memulai bisnis Anda sampai Anda tahu pasti bahwa membuat dessert adalah sesuatu yang benar-benar Anda sukai.

Apa kekuatan dan kelemahan Anda?

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis dessert Anda, dan salah satunya adalah kekuatan dan kelemahan Anda. Ini akan membantu Anda menentukan jenis bisnis apa yang harus Anda mulai dan seberapa sukses Anda nantinya.

Beberapa orang hebat dalam membuat kue tetapi tidak begitu baik dalam memasarkan dan menjual produk mereka. Orang lain mungkin tenaga penjualan yang luar biasa tetapi tidak memiliki keterampilan kuliner untuk mendukungnya. Mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda akan membantu Anda memainkan kekuatan Anda dan menghindari kelemahan Anda.

Jika Anda tidak yakin apa kekuatan dan kelemahan Anda, mintalah pendapat jujur dari beberapa teman atau anggota keluarga. Mereka mungkin dapat memberi Anda beberapa wawasan yang tidak Anda miliki sebelumnya. Setelah Anda tahu apa itu, Anda dapat mulai membangun kekuatan Anda dan mengkompensasi kelemahan Anda.

Siapa target pasar Anda?

Target pasar Anda adalah sekelompok orang yang Anda harapkan untuk membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda. Saat memulai bisnis, penting untuk menentukan target pasar Anda sesempit mungkin sehingga Anda dapat lebih memahami kebutuhan mereka dan cara menjangkau mereka.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri untuk membantu mempersempit target pasar Anda, di demografi apa mereka? Psikografis apa yang mereka miliki? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Masalah apa yang mereka coba selesaikan? Di mana mereka tinggal? Berapa banyak uang yang mereka miliki? Ini akan membantu Anda mengidentifikasi target pasar Anda.

Bagaimana persaingan di industri?

Ada banyak jenis bisnis yang menawarkan dessert, jadi penting untuk meneliti persaingan sebelum memulai bisnis Anda sendiri. Misalnya, jika Anda berencana menjual kue mangkuk, pertimbangkan berapa banyak toko roti lain di daerah Anda yang menjual kue mangkuk, jenis rasa dan desain apa yang mereka tawarkan, dan berapa harganya. Anda juga ingin memikirkan apa yang membuat dessert Anda unik dan bagaimana Anda bisa menonjol dari kompetisi.

Bagaimana Anda dapat lebih menonjol dari persaingan?

Agar berhasil dalam bisnis dessert, Anda harus menonjol dari persaingan. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Pertama, Anda dapat menawarkan produk yang unik. Ini bisa berarti membuat resep unik Anda sendiri atau menawarkan perubahan unik pada menu-menu favorit klasik. Buat strategi branding yang kuat. Branding Anda harus membuat bisnis Anda dikenali dan diingat.

Selalu memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Pastikan pelanggan Anda memiliki pengalaman hebat dari awal hingga akhir. Dan tawarkan harga yang kompetitif. Pastikan untuk menawarkan nilai untuk uang pelanggan Anda. Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda. Sebarkan berita tentang bisnis Anda melalui pemasaran dan periklanan.

Bagaimana model bisnis Anda?

Salah satu hal pertama yang perlu Anda pikirkan ketika memulai bisnis dessert Anda adalah model bisnis seperti apa yang ingin Anda miliki. Ada beberapa pilihan berbeda dalam hal model bisnis untuk bisnis dessert.

Opsi pertama adalah memulai truk atau gerobak dessert. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin dapat bergerak dan menyajikan dessert di berbagai acara atau lokasi. Mungkin sedikit lebih sulit untuk memulai dengan model bisnis jenis ini, tetapi bisa sangat berhasil jika dilakukan dengan benar.

Pilihan lain untuk memulai bisnis dessert Anda adalah membuka toko. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki lokasi tertentu dalam pikiran yang menurut Anda akan baik untuk bisnis Anda. Mungkin lebih mudah untuk memulai dengan model bisnis jenis ini, tetapi mungkin tidak begitu mobile seperti beberapa opsi lainnya.

Pilihan terakhir adalah memulai bisnis dessert online. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih besar dengan dessert Anda. Mungkin lebih sulit untuk memulai dengan model bisnis jenis ini, tetapi bisa sangat berhasil jika dilakukan dengan benar.

Berapa biaya awal yang dibutuhkan?

Memulai bisnis dessert bisa mahal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan biaya awal Anda. Berapa biaya untuk menyewa atau menyewakan ruang untuk bisnis Anda? Ini termasuk biaya peralatan dapur yang mungkin Anda butuhkan. Berapa biaya untuk membeli persediaan dan bahan-bahan untuk dessert Anda?

Berapa banyak yang harus Anda bayar untuk pemasaran dan periklanan? Ini dapat mencakup biaya pembuatan situs web, menyewa seorang desainer grafis, dan membayar iklan online atau cetak. Apakah ada biaya awal lain yang perlu Anda pertimbangkan? Ini dapat mencakup biaya asuransi, lisensi, dan izin.

Apa risiko dan tantangan memulai bisnis dessert?

Ada beberapa risiko dan tantangan yang terkait dengan memulai bisnis dessert yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengambil risiko.

Sebagai permulaan, mungkin sulit untuk menonjol di pasar yang ramai. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia bagi konsumen, mungkin sulit untuk meyakinkan mereka untuk memilih produk Anda daripada pesaing.

Anda juga harus berhati-hati dalam menentukan harga produk Anda secara kompetitif. Jika Anda menagih terlalu banyak, Anda berisiko mengasingkan calon pelanggan; tetapi jika Anda mengenakan biaya terlalu sedikit, Anda mungkin tidak menghasilkan cukup keuntungan untuk mempertahankan bisnis Anda.

Tantangan lain yang mungkin Anda hadapi adalah menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis dessert Anda. Jika Anda menjual makanan yang dipanggang, misalnya, Anda perlu mencari tempat dengan fasilitas dapur yang memadai. Dan jika Anda berencana membuka toko fisik, Anda harus mendapatkan sewa yang bisa jadi membutuhkan biaya besar dan sulit didapat.

Terakhir, menjalankan bisnis makanan memerlukan kepatuhan terhadap peraturan kesehatan dan keselamatan yang ketat. Ini berarti memastikan bahwa resep Anda memenuhi standar tertentu dan bahwa tempat Anda sesuai dengan kode dalam hal kebersihan dan prosedur penanganan makanan. Kegagalan untuk mematuhi peraturan ini dapat mengakibatkan denda yang besar atau bahkan penutupan bisnis Anda.

Sewa peralatan dapur untuk menurunkan biaya dan risiko

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis dessert, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan lompatan. Salah satu faktor penting yang perlu diingat adalah biaya peralatan dapur.

Jika Anda baru memulai, mungkin tidak realistis untuk membeli semua peralatan dapur baru. Sebagai gantinya, Anda dapat menyewa peralatan dapur dari perusahaan seperti Webstaurant Store. Ini akan membantu meminimalkan risiko Anda jika bisnis Anda tidak berjalan sesuai rencana. Menyewa peralatan dapur juga merupakan pilihan yang baik jika Anda tidak yakin dengan jenis peralatan yang Anda butuhkan. Anda dapat mencoba berbagai peralatan dan melihat apa yang paling cocok untuk bisnis Anda sebelum berinvestasi pada sesuatu yang lebih permanen.

Kesimpulan

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis dessert, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Dari biaya bahan dan peralatan hingga harga sewa dan asuransi, ada banyak faktor yang akan mempengaruhi keuntungan Anda. Tetapi jika Anda bersemangat tentang dessert dan memiliki rencana bisnis yang solid, memulai bisnis dessert bisa menjadi cara yang manis untuk mencapai impian wirausaha Anda. Terima kasih sudah membaca!

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345