Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Sep 25, 2023

8 Cara Mengurangi Sampah untuk Bisnis Kue yang Ramah Lingkungan dan Sustainable

Bisnis Kue sering menjadi sorotan karena kreasinya yang lezat, tetapi tidak begitu banyak karena praktik pengelolaan limbahnya. Pembuangan limbah yang tidak diatur dan metode produksi yang tidak berkelanjutan dapat merusak lingkungan, belum lagi keuntungan Anda. Untungnya, Anda dapat mengurangi jejak lingkungan bisnis kue Anda tanpa kehilangan kualitas atau keuntungan. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi cara-cara Anda dapat meminimalkan pemborosan untuk bisnis kue Anda. Dari sumber yang lebih cerdas hingga ide pengemasan yang cerdas, selalu ada sesuatu di sini untuk semua orang – apa pun tahap proses yang Anda jalani!

Gunakan kemasan yang ramah lingkungan

Jika Anda menjalankan bisnis kue, ada beberapa cara mudah untuk mengurangi dampak lingkungan dan beroperasi dengan cara yang lebih berkelanjutan. Satu perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan adalah beralih ke kemasan ramah lingkungan.


Ada beberapa jenis kemasan ramah lingkungan yang tersedia, terbuat dari bahan seperti kertas dan karton daur ulang, serat tanaman yang dapat terurai secara hayati, atau bahkan bambu. Beralih ke kemasan ramah lingkungan dapat membantu mengurangi jejak karbon Anda, dan juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli terhadap lingkungan.


Cara mudah lainnya untuk mengurangi limbah dalam bisnis kue Anda adalah dengan mulai menggunakan bahan kue yang dapat digunakan kembali. Alih-alih menggunakan kertas perkamen sekali pakai atau aluminium foil, belilah beberapa alas kue silikon berkualitas baik yang dapat digunakan berulang kali. Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang dan sekaligus membantu mengurangi dampak lingkungan Anda.

Beri pelanggan opsi untuk mendaur ulang

Dengan asumsi Anda menginginkan konten untuk blog berjudul "Cara Meminimalkan Limbah untuk Bisnis Kue Anda":


Salah satu cara meminimalkan limbah untuk bisnis kue Anda adalah memberi pelanggan opsi untuk mendaur ulang. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan tempat sampah daur ulang di toko Anda atau dengan menawarkan diskon bagi pelanggan yang membawa tas pakai ulang sendiri. Anda juga dapat mendorong pelanggan untuk mendaur ulang dengan menggunakan bahan daur ulang dalam kemasan Anda dan menghias kue Anda dengan dekorasi daur ulang.

Gunakan bahan yang berkelanjutan

Dalam hal kue, salah satu cara terbaik untuk meminimalkan limbah adalah dengan menggunakan bahan yang berkelanjutan. Ini berarti menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari pertanian dan perikanan berkelanjutan, serta yang bersertifikat organik.


Menggunakan bahan yang berkelanjutan tidak hanya membantu mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan oleh bisnis Anda, tetapi juga berdampak positif bagi lingkungan. Selain itu, membantu mendukung para petani dan nelayan yang bekerja keras untuk memproduksi barang-barang ini secara berkelanjutan.


Ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan bahan yang berkelanjutan untuk bisnis kue Anda. Salah satu opsi adalah membelinya langsung dari petani dan nelayan. Pilihan lain adalah membelinya dari perusahaan yang berspesialisasi dalam menjual bahan-bahan yang berkelanjutan.


Terlepas dari bagaimana Anda mendapatkan bahan-bahan Anda, pastikan untuk melakukan riset untuk memastikan bahwa bahan-bahan tersebut benar-benar berkelanjutan. Ada banyak organisasi berbeda yang menawarkan sertifikasi untuk produk berkelanjutan, jadi carilah logo ini saat berbelanja bahan.


Dengan menggunakan bahan yang berkelanjutan dalam bisnis kue Anda, Anda dapat membantu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekaligus meminimalkan limbah.

Mendidik pelanggan tentang keberlanjutan

Dalam hal keberlanjutan, pelanggan harus dididik tentang cara meminimalkan limbah untuk bisnis kue Anda. Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti menggunakan bahan daur ulang, berinvestasi pada peralatan hemat energi, dan menggunakan produk pembersih alami.


Dalam hal bahan daur ulang, pelanggan dapat didorong untuk membawa wadah sendiri untuk menyimpan sisa kue atau menggunakan kantong koran sebagai pengganti kantong plastik. Untuk peralatan hemat energi, memilih item seperti oven konveksi dapat membantu menghemat biaya listrik. Akhirnya, produk pembersih alami tidak hanya lebih baik untuk lingkungan tetapi juga untuk keuntungan Anda – mereka biasanya lebih murah daripada rekan-rekan mereka yang mengandung bahan kimia.

Menyumbangkan kue sisa

Untuk kue sisa, ada beberapa opsi berbeda untuk menyumbangkannya. Salah satu opsi adalah menyumbangkannya ke bank makanan lokal atau dapur umum. Pilihan lain adalah menemukan tempat penampungan tunawisma atau tempat penampungan wanita setempat dan menyumbangkannya kepada mereka. Banyak juga organisasi yang menerima donasi kue, seperti Salvation Army atau Goodwill.


Jika Anda memiliki sisa kue, pertimbangkan untuk menyumbangkannya daripada membuangnya. Ada banyak organisasi yang ingin menerima donasi Anda.

Mengurangi konsumsi air dan energi

Konsumsi air dan energi adalah dua faktor dampak lingkungan terbesar untuk bisnis apa pun. Ada berbagai cara untuk mengurangi konsumsi air dan energi dalam bisnis kue Anda.


1. Gunakan lebih sedikit air saat memanggang: Saat memanggang, gunakan lebih sedikit air dengan mengganti bahan-bahan seperti jus buah, kopi, atau bahkan soda untuk sebagian air yang disebut dalam resep. Anda juga dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk menjalankan keran dengan menggunakan mangkuk untuk menampung kelebihan air.


2. Biarkan kue Anda benar-benar dingin sebelum dihias: Dibutuhkan banyak energi untuk menjaga agar pintu oven Anda tetap terbuka saat kue Anda mendingin. Membiarkan kue Anda menjadi dingin sepenuhnya sebelum mendekorasi akan membantu mengurangi konsumsi energi Anda secara keseluruhan.


3. Gunakan alat transportasi alternatif: Jika Anda mengirimkan kue secara lokal, pertimbangkan untuk menggunakan alat transportasi alternatif seperti bersepeda atau berjalan kaki. Ini tidak hanya akan menghemat biaya bahan bakar, tetapi juga baik untuk lingkungan.


4. Edukasi pelanggan Anda tentang opsi ramah lingkungan: Banyak pelanggan tidak mengetahui opsi ramah lingkungan yang tersedia untuk pembelian kue mereka. Dengan mendidik pelanggan Anda tentang opsi ini, Anda dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat yang lebih baik bagi lingkungan.

Bekerja dengan vendor lokal

Dalam hal kue, ada banyak cara untuk meminimalkan limbah dan lebih berkelanjutan. Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan vendor lokal yang dapat menyediakan perlengkapan yang Anda butuhkan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengangkut pasokan dari jarak jauh, yang dapat membantu mengurangi jejak karbon Anda.


Cara lain untuk meminimalkan pemborosan adalah memastikan bahwa Anda hanya menggunakan apa yang Anda butuhkan. Misalnya, saat membuat kue, pastikan untuk hanya menggunakan adonan atau lapisan gula sesuai kebutuhan. Ini akan membantu mengurangi jumlah limbah makanan yang dihasilkan bisnis Anda.


Terakhir, penting untuk memperhatikan cara Anda membuang sisa kue atau sisa makanan lainnya. Pastikan untuk membuat kompos atau mendaur ulang sedapat mungkin sehingga bisnis Anda melakukan bagiannya untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan.

Mendukung petani lokal

Jika Anda berbisnis menjual kue, kemungkinan besar Anda menggunakan banyak telur, mentega, dan tepung - semua bahannya berasal dari petani. Dengan mendukung petani lokal, Anda tidak hanya mendapatkan bahan-bahan yang lebih segar untuk kue Anda, tetapi Anda juga membantu meningkatkan ekonomi dan mengurangi jejak karbon Anda.

Kesimpulan

Meminimalkan limbah adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis kue yang sukses. Dengan meluangkan waktu untuk menerapkan beberapa tip yang kami sarankan, seperti menggunakan wadah dan tas yang dapat digunakan kembali, mengembalikan kelebihan bahan ke penjual, dan mendaur ulang bahan bila memungkinkan, Anda dapat memastikan bisnis Anda melakukan bagiannya dalam mengurangi limbah. Ini tidak hanya akan membantu lingkungan, tetapi juga akan menghemat uang perusahaan Anda dalam jangka panjang. Mengambil langkah menuju praktik tanpa limbah tidak hanya menguntungkan garis bawah Anda, tetapi juga menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda berkomitmen pada praktik berkelanjutan.

Sewa peralatan dapur agar lebih melingkar

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi pemborosan dalam bisnis kue Anda, salah satu opsinya adalah menyewa peralatan dapur daripada membelinya. Dengan cara ini, Anda dapat mengembalikan alat setelah selesai menggunakannya dan tidak perlu menyimpan atau membuangnya. Plus, menyewa peralatan bisa lebih murah daripada membelinya langsung.


Untuk menemukan perusahaan persewaan di dekat Anda, cari online atau tanyakan bisnis lain di daerah Anda jika mereka memiliki rekomendasi. Setelah Anda menemukan perusahaan, hubungi mereka dan jelaskan jenis alat apa yang Anda butuhkan dan berapa lama Anda membutuhkannya. Mereka harus dapat memberi Anda penawaran dan membantu Anda memilih alat yang tepat untuk kebutuhan Anda.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345