Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 28, 2022

7 Langkah Tepat Memulai Bisnis Dessert Viral untuk Pemula

Siapa yang tidak suka dessert? Apakah Anda menyukai makanan manis atau tidak, kemungkinan besar Anda akan tetap menikmati setidaknya satu jenis dessert. Dessert adalah cara sempurna untuk mengakhiri makan atau menikmati camilan. Jika Anda berpikir untuk memulai toko dessert Anda sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Dalam posting blog ini, kami akan membagikan tips untuk membantu Anda memulai dengan langkah yang benar. 

Lokasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat memulai toko dessert adalah memilih lokasi. Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih tempat yang nyaman bagi pelanggan Anda dan memiliki lalu lintas pejalan kaki yang cukup untuk menghasilkan bisnis. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, coba lihat daftar real estat komersial di daerah Anda atau bicarakan dengan pemilik bisnis lokal untuk meminta nasihat. Setelah Anda menemukan beberapa lokasi potensial, persempit pilihan Anda dengan mempertimbangkan hal-hal seperti parkir, transportasi umum, dan jarak pandang dari jalan.

Setelah Anda memilih lokasi, langkah selanjutnya adalah mengamankan ruang. Ini biasanya melibatkan penandatanganan sewa atau pembelian properti secara langsung. Jika Anda leasing, pastikan untuk membaca kontrak dengan hati-hati sebelum menandatangani apa pun. Anda harus memperhatikan hal-hal seperti lamanya sewa, sewa bulanan, dan batasan apa pun yang dapat Anda lakukan dengan ruang tersebut. Setelah Anda mengamankan lokasi Anda, saatnya untuk mulai merencanakan toko Anda!

Menu

Tentukan jenis dessert yang ingin Anda jual. Ini bisa apa saja mulai dari cupcakes dan cookies hingga pai dan kue. Setelah Anda memutuskan jenis dessert yang ingin Anda jual, teliti resep untuk masing-masing menu.

Pastikan menu Anda menawarkan berbagai pilihan untuk pelanggan dengan preferensi berbeda. Misalnya, jika Anda hanya menjual dessert cokelat, Anda mungkin kehilangan pelanggan yang lebih menyukai rasa lain. Sebaliknya, cobalah menawarkan pilihan rasa sehingga semua orang dapat menemukan sesuatu yang mereka sukai.

Harga

Ketika datang ke harga dessert Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, pastikan harga Anda bersaing dengan toko dessert lain di daerah Anda. Kedua, Anda akan ingin mempertimbangkan biaya bahan dan tenaga kerja saat menetapkan harga Anda.

Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang harga, Anda dapat mulai memikirkan diskon dan promosi. Mungkin Anda bisa menawarkan diskon untuk memesan beberapa dessert, atau mungkin Anda bisa mengadakan promosi di mana pelanggan yang menghabiskan jumlah tertentu mendapatkan bonus gratis. Apa pun yang Anda putuskan, pastikan harga Anda adil dan promosi Anda cukup menarik untuk mendatangkan bisnis baru.

Pemasaran

Langkah penting untuk memulai toko dessert Anda adalah membuat rencana pemasaran. Ini akan membantu Anda menentukan target pasar Anda, jenis dessert apa yang akan Anda jual, dan bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan Anda.

Tentukan bagaimana Anda akan mencapai target pasar Anda. Apakah Anda akan beriklan secara online, dalam publikasi cetak, atau dari mulut ke mulut? Pastikan rencana pemasaran Anda mencakup anggaran untuk iklan dan promosi.

Anda juga harus membuat beberapa materi promosi untuk toko Anda. Ini dapat mencakup situs web, pamflet, atau kartu nama. Pastikan untuk mencantumkan nama dan logo toko Anda di semua materi promosi Anda.

Peralatan

Jika Anda memulai toko dessert, Anda memerlukan beberapa peralatan penting. Pertama oven komersial. Ini adalah suatu keharusan untuk memanggang semua dessert lezat Anda. Anda juga membutuhkan mixer. Mixer berdiri secara khusus akan membuat hidup Anda lebih mudah dalam hal menyiapkan adonan. Terakhir, Anda mungkin ingin berinvestasi pada alat dekorasi. Dari spatula hingga piping bag, Anda memerlukan alat yang tepat untuk membuat dessert yang indah.

Karyawan

Ketika datang ke staf toko dessert Anda, Anda harus menemukan karyawan yang bersemangat membuat dan menyajikan makanan manis. Anda juga harus mencari individu dengan keterampilan layanan pelanggan yang hebat, karena mereka akan menjadi wajah bisnis Anda. Setelah Anda mempekerjakan seseorang, berikan mereka pelatihan yang diperlukan sehingga mereka dapat mulai bekerja pada hari pertama mereka.

Pembiayaan

Dengan asumsi Anda sudah memiliki rencana bisnis yang solid, langkah selanjutnya adalah mengamankan pembiayaan untuk toko dessert Anda. Ada beberapa pilihan yang tersedia bagi pemilik usaha kecil dalam hal pembiayaan.

Salah satu pilihan adalah mengambil pinjaman usaha kecil dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki kredit yang baik dan dapat menunjukkan bahwa bisnis Anda layak dan memiliki potensi untuk berkembang. Pilihan lainnya adalah mencari investor untuk berinvestasi dalam bisnis Anda. Ini bisa lebih berisiko daripada mengambil pinjaman, tetapi juga dapat memberikan modal tambahan yang dapat membantu Anda memulai bisnis Anda.

Kemungkinan lain adalah untuk membiayai bisnis Anda sendiri melalui tabungan pribadi atau dengan mengambil hutang dari teman atau anggota keluarga. Ini bisa menjadi proposisi yang lebih berisiko, tetapi mungkin diperlukan jika Anda tidak dapat mengamankan pembiayaan tradisional.

Cara mana pun yang Anda putuskan untuk diambil, pastikan Anda mempertimbangkan dengan cermat semua pilihan Anda dan memilih salah satu yang paling masuk akal untuk situasi khusus Anda.

Sewa peralatan dapur untuk menurunkan harga dan risiko

Saat memulai toko dessert, penting untuk meminimalkan biaya dan risiko sedapat mungkin. Menyewa peralatan dapur adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Menyewa peralatan bisa lebih murah daripada membelinya langsung, dan itu juga berarti Anda tidak perlu khawatir tentang perawatan atau perbaikan. Plus, jika Anda memutuskan untuk memindahkan bisnis Anda ke lokasi baru, Anda cukup mengembalikan peralatan sewaan dan mendapatkan yang baru untuk tempat baru.

Tentu saja, menyewa memiliki risikonya sendiri – Anda mungkin tidak bisa mendapatkan model atau merek persis seperti yang Anda inginkan, dan Anda harus mengikuti pembayaran sewa. Tapi secara keseluruhan, menyewa adalah cara yang baik untuk menekan biaya saat mendirikan toko dessert.

Kesimpulan

Jika Anda tertarik untuk membuka toko dessert, kami harap tips ini memberi Anda titik awal yang baik. Ada banyak detail yang perlu dipertimbangkan saat mendirikan bisnis, tetapi dengan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat, impian Anda untuk memiliki toko dessert bisa menjadi kenyataan. Terima kasih sudah membaca!

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345