Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 15, 2023

7 Langkah Kurangi Efek Jejak Karbon dari Bisnis Street Food

Bisnis Street Food merupakan bagian penting dalam menyediakan makanan yang nyaman dan lezat bagi penduduk setempat, tetapi jejak karbonnya bisa sangat besar. Dari konsumsi bahan bakar hingga listrik yang digunakan untuk memasak dan segala sesuatu di antaranya, bisnis ini seringkali memiliki sumber emisi tersembunyi yang menambah masalah global yang lebih besar. Untungnya, ada cara bagi bisnis Street Food untuk mengurangi jejak karbon mereka dan memberikan dampak positif bagi lingkungan. Artikel ini akan membahas 10 cara pemilik dapat meminimalkan jejak karbon mereka, mulai dari berinvestasi pada peralatan yang efisien hingga mengejar sumber energi terbarukan. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut!

Gunakan peralatan hemat energi

Saat memilih peralatan untuk bisnis Street Food Anda, carilah model yang hemat energi. Peralatan hemat energi menggunakan lebih sedikit listrik dan air, yang dapat menghemat uang untuk tagihan listrik dan membantu mengurangi jejak karbon Anda.


Beberapa tips untuk memilih peralatan hemat energi antara lain:


• Cari label ENERGY STAR®: Peralatan yang mendapatkan label ENERGY STAR disertifikasi setidaknya 20 persen lebih hemat energi daripada model standar.


• Pertimbangkan ukuran dan fitur: Pilih alat dengan ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Umumnya, peralatan yang lebih besar menggunakan lebih banyak energi daripada yang lebih kecil. Selain itu, carilah model dengan fitur yang sesuai dengan pola penggunaan Anda – seperti mesin cuci pakaian dengan fitur penundaan mulai jika Anda biasanya mencuci pakaian di malam hari atau di luar jam sibuk saat tarif listrik lebih rendah.


• Bandingkan biaya operasional tahunan: Saat mempertimbangkan model yang berbeda, bandingkan biaya operasional tahunannya – bukan hanya harga pembeliannya. Biaya pengoperasian memperhitungkan penggunaan energi peralatan dan masa pakai yang diharapkan. Anda dapat menemukan informasi ini di label alat atau daftar produk online.

Gunakan sumber energi terbarukan

Ada banyak cara untuk meminimalkan jejak karbon Anda sebagai bisnis Street Food. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sumber energi terbarukan. Panel surya dan turbin angin adalah dua contoh sumber energi terbarukan yang dapat digunakan untuk menggerakkan bisnis Street Food Anda.


Cara lain untuk mengurangi jejak karbon Anda adalah dengan menggunakan peralatan memasak yang lebih efisien. Misalnya, menggunakan kompor induksi sebagai pengganti kompor gas akan membantu Anda menghemat energi dan uang. Kompor induksi 50% lebih efisien daripada kompor gas, sehingga Anda dapat memasak jumlah makanan yang sama dengan energi yang lebih sedikit.


Anda juga dapat menghemat energi dengan menggunakan lampu LED sebagai pengganti lampu pijar tradisional. Lampu LED menggunakan energi sekitar 75% lebih sedikit daripada lampu pijar, jadi lampu ini akan membantu Anda menghemat uang untuk tagihan listrik.


Terakhir, Anda dapat mengurangi jejak karbon dengan membuat kompos dari sisa makanan Anda. Pengomposan membantu mengurangi emisi metana dari tempat pembuangan sampah, dan juga dapat memberikan nutrisi yang berharga bagi tanaman. Jika Anda memiliki taman di halaman belakang, Anda dapat menggunakan kompos untuk menyuburkan tanaman dan membantunya tumbuh sehat dan kuat.

Kompos sampah organik

Sampah organik dapat dikomposkan untuk membuat amandemen tanah kaya nutrisi yang dapat membantu mengurangi jejak karbon bisnis Street Food Anda. Pengomposan mengurangi volume sampah organik yang dikirim ke tempat pembuangan sampah, di mana ia terurai dan mengeluarkan metana, gas rumah kaca yang kuat.


Untuk membuat kompos sampah organik dari bisnis Street Food Anda, Anda memerlukan tempat sampah atau tumpukan untuk mengumpulkan sampah, serta sumber aerasi (seperti garpu rumput) untuk membalik bahan dan mendorong dekomposisi. Jika Anda memiliki ruang untuk tempat sampah atau tumpukan di luar ruangan, mulailah mengumpulkan sampah organik di dalamnya sesegera mungkin. Jika Anda tidak memiliki ruang luar, ada opsi pengomposan dalam ruangan yang tersedia, meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah bahannya.


Pilih bahan lokal

Langkah pertama untuk meminimalkan jejak karbon Anda sebagai pedagang kaki lima adalah memilih bahan lokal. Ini berarti mendapatkan hasil bumi, daging, dan barang-barang lainnya dari petani dan pemasok yang berlokasi dekat dengan Anda. Ini tidak hanya mengurangi emisi transportasi, tetapi juga mendukung ekonomi lokal.


Salah satu cara untuk menemukan pemasok lokal adalah melalui pasar petani. Banyak kota memiliki pasar ini di mana para petani menjual barang-barang mereka langsung ke konsumen. Anda juga dapat menghubungi departemen pertanian negara bagian Anda atau melakukan penelusuran online untuk “pertanian lokal [negara bagian Anda]”.


Pertimbangan lain saat memilih bahan adalah musim. Membeli produk musiman membantu mengurangi jejak karbon bisnis Street Food Anda karena membutuhkan lebih sedikit energi untuk menumbuhkan dan mengangkut barang-barang tersebut. Buah dan sayuran musiman juga biasanya lebih enak dan lebih bergizi daripada buah dan sayuran di luar musimnya.


Jika memungkinkan, pilihlah bahan-bahan organik juga. Praktik pertanian organik lebih baik bagi lingkungan karena meminimalkan penggunaan pestisida dan pupuk berbahaya. Plus, makanan organik seringkali lebih enak dan lebih sehat daripada pilihan konvensional.

Menerapkan solusi transportasi hijau

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pedagang kaki lima untuk mengurangi jejak karbon Anda dan melakukan bagian Anda untuk meminimalkan dampak perubahan iklim.


Salah satu caranya adalah beralih ke solusi transportasi hijau, seperti kendaraan listrik atau sepeda. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi emisi, tetapi juga dapat menghemat biaya bahan bakar dalam jangka panjang.


Cara lain untuk mengurangi jejak karbon Anda adalah dengan menggunakan peralatan memasak hemat energi. Jika Anda menggunakan peralatan memasak bertenaga gas, beralihlah ke model yang lebih hemat energi. Anda juga bisa menggunakan oven surya atau metode memasak alternatif lain yang tidak membutuhkan bahan bakar fosil.


Terakhir, Anda dapat mengurangi limbah dengan menggunakan peralatan penyajian dan wadah penyimpanan yang dapat digunakan kembali. Investasikan dalam beberapa piring, peralatan, dan wadah berkualitas baik yang dapat digunakan berulang kali. Ini tidak hanya akan menghemat uang Anda, tetapi juga akan membantu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah.

Advokasi untuk perubahan kebijakan

Ada beberapa cara untuk mengadvokasi perubahan kebijakan untuk membantu meminimalkan jejak karbon untuk bisnis Street Food Anda. Salah satu caranya adalah dengan melibatkan pembuat kebijakan dan pembuat keputusan di tingkat lokal. Ini bisa melibatkan menulis surat, melakukan panggilan telepon, atau bertemu langsung untuk membahas masalah tersebut. Anda juga dapat bergabung atau memulai kampanye atau petisi yang terkait dengan tujuan Anda. Cara lain untuk mengadvokasi perubahan adalah dengan menggunakan platform Anda sebagai penjual Street Food untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ini dan mendorong orang lain untuk mengambil tindakan. Ini dapat melibatkan berbagi informasi dan sumber daya di media sosial, bekerja dengan organisasi lokal, atau berbicara di acara. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk menciptakan gelombang dukungan untuk perubahan yang akan membawa hasil yang nyata.

Mendukung program penggantian kerugian karbon

Ada sejumlah program penyeimbangan karbon yang tersedia untuk bisnis, dan bisnis Street Food dapat memilih untuk mendukung satu (atau lebih) dari program ini sebagai cara untuk meminimalkan jejak karbon mereka.


Salah satu program kompensasi karbon yang populer adalah Carbonfund.org Foundation, yang membantu bisnis mengimbangi emisi karbon mereka melalui sejumlah proyek berbeda, termasuk kehutanan, efisiensi energi, dan energi terbarukan. Pilihan lain adalah Grup Netral Iklim, yang menawarkan berbagai layanan untuk membantu bisnis menjadi netral iklim.


Program offset mana yang terbaik untuk bisnis Street Food Anda akan bergantung pada keadaan dan tujuan khusus Anda. Namun, mendukung program penggantian kerugian karbon apa pun adalah cara yang bagus untuk mengurangi dampak bisnis Anda terhadap lingkungan.

Kesimpulan

Mengambil inisiatif untuk mengurangi jejak karbon Anda merupakan langkah penting untuk bisnis apa pun, terutama untuk bisnis di industri makanan. Kami harap 10 tips ini memberi Anda beberapa informasi berguna tentang cara membuat bisnis Street Food Anda lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Menerapkan bahkan hanya beberapa dari strategi ini akan membantu memastikan bahwa bisnis Anda memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Melakukan bagian kita untuk menyelamatkan planet kita dimulai dengan langkah kecil seperti ini, jadi jangan menunggu, mulailah sekarang!

Sewa aset untuk bisnis Anda agar lebih sirkular

Ada banyak cara untuk membuat bisnis jajanan Anda lebih melingkar dan meminimalkan jejak karbon Anda. Salah satu caranya adalah dengan menyewa aset untuk bisnis Anda. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari truk makanan hingga mesin cuci listrik. Menyewa aset berarti Anda menggunakan sesuatu yang telah dibeli orang lain, yang mengurangi jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Ini juga berarti bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas pembuangan aset tersebut setelah Anda selesai menggunakannya, yang selanjutnya dapat mengurangi jejak karbon Anda.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345