Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

7 Hal Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis Es Krim Kekinian

Jadi Anda ingin membuka toko es krim. Anda memiliki hasrat, resep, dan bahkan lokasi yang sempurna dipilih. Namun sebelum Anda terjun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi hal yang perlu Anda pikirkan sebelum memulai bisnis es krim Anda. Dari izin dan lisensi hingga asuransi dan peralatan, kami akan mencakup semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai dengan langkah yang benar. Jadi ambil satu sendok rasa favorit Anda dan mari kita mulai!

Keadaan pasar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke bisnis es krim. Pasar, niche Anda, dan model bisnis Anda adalah beberapa hal penting untuk dipikirkan.

Pasar es krim sangat besar! Di Indonesia saja, industri es krim diperkirakan bisa memproduksi sebesar 159 ton per hari dengan proyeksi menghasilkan 4 juta es krim. Itu berarti ada ruang bagi usaha kecil untuk memulai. Namun, Anda perlu mempertimbangkan jenis es krim yang ingin Anda jual dan siapa target pasar Anda.

Niche Anda penting karena akan membantu Anda menonjol dari yang lain. Ada begitu banyak jenis es krim di luar sana dan Anda perlu menemukan spesialisasi Anda. Apakah Anda ingin fokus pada es krim vegan? Es krim untuk penderita alergi? Es krim organik? Setelah Anda mengetahui niche Anda, Anda dapat mulai membangun merek Anda di sekitarnya.

Model bisnis Anda adalah bagaimana Anda berencana menghasilkan uang dari produk Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini: mengisi daya dengan sendok, menjual pint atau liter di toko, atau melayani acara khusus. Anda perlu memutuskan apa yang paling masuk akal untuk bisnis Anda dan pastikan Anda memiliki rencana yang solid sebelum memulai.

Kompetisi

Industri es krim adalah industri yang kompetitif. Ada beberapa perusahaan besar yang mendominasi pasar, dan banyak merek regional yang lebih kecil. Jika Anda ingin sukses dalam bisnis ini, Anda harus mampu menonjol dari persaingan.

Beberapa cara untuk melakukan ini termasuk menawarkan rasa yang unik, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Anda juga harus memastikan branding Anda kuat dan dapat dikenali.

Pikirkan baik-baik tentang siapa target pasar Anda dan apa yang mereka cari dalam merek es krim. Jika Anda dapat menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki merek lain, kemungkinan besar Anda akan berhasil.

Produk

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis es krim, namun salah satu yang terpenting adalah produknya. Es krim apa yang akan Anda jual? Apakah itu rasa tradisional seperti vanila dan cokelat, atau rasa yang lebih unik seperti lavender dan matcha? Apakah Anda dapat membuat es krim sendiri, atau Anda perlu membelinya dari pemasok?

Ini semua adalah pertanyaan penting untuk dijawab sebelum Anda memulai bisnis, karena jenis es krim yang Anda jual akan berdampak besar pada biaya, target pasar, dan strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Jadi luangkan waktu untuk memikirkan produk yang ingin Anda jual sebelum terjun ke bisnis es krim Anda sendiri.

Harga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga es krim. Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah biaya bahan. Anda harus memperhitungkan biaya susu, krim, gula, dan rasa lainnya. Hal kedua yang perlu Anda pikirkan adalah biaya tenaga kerja. Anda harus memperhitungkan biaya perekrutan staf dan membayar mereka upah per jam. Hal ketiga yang perlu Anda pertimbangkan adalah biaya overhead. Ini termasuk biaya sewa, utilitas, dan pengeluaran lain yang terkait dengan menjalankan bisnis Anda. Terakhir, Anda harus menetapkan harga yang akan menutupi semua biaya Anda dan memungkinkan Anda memperoleh keuntungan.

Promosi dan pemasaran

Dengan asumsi Anda memiliki rencana bisnis yang solid, tugas besar Anda berikutnya adalah menyebarkan berita tentang bisnis es krim Anda. Anda perlu membuat strategi promosi dan pemasaran yang akan menghasilkan kegembiraan dan minat pada produk Anda.

Ada beberapa cara untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis es krim Anda. Metode periklanan tradisional seperti cetak, radio, dan televisi bisa efektif, tetapi juga bisa mahal. Media sosial adalah cara hemat biaya untuk menjangkau audiens yang besar. Pemasaran dari mulut ke mulut juga ampuh, jadi pastikan es krim Anda enak dan layak untuk dibicarakan!

Pikirkan tentang cara-cara kreatif untuk membuat orang mengambil sampel produk Anda. Menyelenggarakan acara atau memberikan sampel gratis adalah cara yang bagus untuk membangkitkan minat dan membangun niat baik. Orang menyukai barang gratis, jadi berikan mereka sesuatu yang benar-benar akan mereka gunakan dan nikmati.


Terakhir, jangan lupa tentang teknik PR tradisional seperti siaran pers dan berita yang layak diberitakan. Mendapatkan liputan media dapat membantu meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda dan menarik pelanggan baru.

Lokasi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan lokasi usaha es krim Anda. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lalu lintas pejalan kaki di daerah tersebut. Anda ingin memastikan bahwa ada cukup banyak orang yang lewat di toko Anda yang akan melihat tanda Anda dan tergoda untuk datang untuk mengambil satu sendok (atau dua). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kompetisi. Jika sudah ada banyak toko es krim di daerah tersebut, Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan pelanggan melalui pintu. Anda harus memastikan bahwa toko Anda menawarkan sesuatu yang unik yang akan menarik pelanggan. Terakhir, Anda harus memikirkan biaya sewa dan pengeluaran lain yang terkait dengan lokasi. Anda ingin memastikan bahwa Anda mampu membayar biaya bulanan dan tetap menghasilkan keuntungan.

Peralatan

Ada banyak peralatan khusus yang dibutuhkan untuk memproduksi es krim dan makanan penutup beku lainnya. Untuk memulai, Anda memerlukan pembuat es krim, freezer, mixer, sendok, saringan, dan peralatan lainnya. Anda juga akan membutuhkan persediaan seperti perasa, kerucut, dan topping. Jika Anda berencana untuk menjual produk Anda di toko atau di acara, Anda memerlukan bahan kemasan seperti wadah dan label. Biaya semua peralatan ini dapat bertambah dengan cepat, jadi penting untuk melakukan riset dan menemukan penawaran terbaik.

Sewa peralatan untuk menghemat biaya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis es krim, salah satunya adalah menyewa peralatan dapur untuk meminimalkan biaya. Jika Anda baru memulai, Anda mungkin tidak memiliki dana untuk membeli semua peralatan baru. Jadi, menyewa peralatan bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai tanpa menghabiskan banyak uang.

Menyewa peralatan dapur adalah cara yang bagus untuk menghemat uang saat memulai bisnis es krim Anda. Pastikan untuk melakukan riset dan anggaran Anda sesuai sehingga Anda tidak membayar lebih dari yang Anda butuhkan.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345