Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Sep 25, 2023

7 Cara Buat Bisnis Street Food Jadi Minim Sampah

Bisnis Street Food menghadapi serangkaian tantangan unik terkait pengelolaan limbah, mulai dari pelanggan yang memesan lebih dari yang mereka bisa makan dan membuang makanan berlebih, hingga bahan kemasan yang tidak dapat didaur ulang. Ini adalah masalah penting untuk bisnis apa pun, tetapi terutama untuk pedagang kaki lima karena mereka mungkin tidak memiliki akses ke sumber daya yang sama dengan perusahaan besar. Itu tidak berarti tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan meminimalkan pemborosan yang dihasilkan bisnis Anda. Dalam posting blog ini kita akan menyelami strategi sederhana yang dapat digunakan pedagang kaki lima untuk membantu mengurangi dampak lingkungan mereka.

Gunakan Wadah dan Peralatan yang Dapat Digunakan Kembali

Jika Anda memiliki bisnis Street Food, salah satu cara terbaik untuk mengurangi limbah adalah dengan menggunakan wadah dan peralatan yang dapat digunakan kembali. Ini berarti menggunakan wadah yang tahan lama dan tahan lama yang dapat digunakan berulang kali. Itu juga berarti menggunakan peralatan makan yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan digunakan kembali.


Ada banyak manfaat menggunakan wadah dan peralatan yang dapat digunakan kembali. Pertama, mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan oleh bisnis Anda. Kedua, ini menghemat uang Anda dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu terus membeli wadah dan peralatan sekali pakai yang baru. Ketiga, lebih baik bagi lingkungan karena wadah dan peralatan yang dapat digunakan kembali menghasilkan lebih sedikit polusi daripada yang sekali pakai.


Jadi, jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi limbah dalam bisnis Street Food, beralih ke wadah dan peralatan yang dapat digunakan kembali adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Beli dalam Jumlah Besar

Bisnis Street Food menghasilkan banyak limbah, tetapi ada cara untuk meminimalkannya. Salah satu caranya adalah dengan membeli dalam jumlah besar. Membeli dalam jumlah besar dapat membantu Anda menghemat uang dan mengurangi pemborosan. Saat Anda membeli dalam jumlah besar, Anda seringkali bisa mendapatkan harga per unit yang lebih baik daripada saat Anda membeli barang satu per satu. Anda juga dapat mengurangi pemborosan dengan hanya membeli apa yang Anda butuhkan dan menggunakan semua produk.

Dukung Peternakan dan Produsen Lokal

Ada beberapa cara utama untuk mendukung pertanian dan produsen lokal saat menjalankan bisnis Street Food:


1. Berusahalah untuk membeli bahan-bahan yang bersumber secara lokal jika memungkinkan. Ini tidak hanya mendukung bisnis lokal, tetapi juga mengurangi jejak karbon Anda karena makanan tidak perlu dibawa jauh-jauh.


2. Kenali petani dan produsen di daerah Anda dan bangun hubungan dengan mereka. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui tentang produk baru atau penawaran musiman apa pun, dan kemungkinan besar mereka akan memberi Anda penawaran bagus untuk pembelian massal.


3. Jika Anda memiliki sisa makanan di penghujung hari, pertimbangkan untuk menyumbangkannya ke bank makanan lokal atau dapur umum daripada membuangnya. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah dan membantu mereka yang membutuhkan.

Pengomposan

Ada banyak cara untuk membuat kompos, tetapi cara yang paling umum dan efektif adalah dengan menggunakan tempat sampah. Ketika bahan organik seperti sisa makanan dan sampah pekarangan terurai di tempat sampah, mereka menghasilkan kompos kaya nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanah.


Tempat sampah dapat dibuat dari berbagai bahan, namun yang paling penting adalah memastikannya memiliki drainase yang memadai dan cukup besar untuk menampung volume sampah organik yang Anda hasilkan. Jika Anda tidak yakin cara membuat tempat sampah, ada banyak paket dan perlengkapan yang tersedia secara online.


Setelah Anda menyiapkan tempat sampah, saatnya untuk mulai menambahkan bahan organik. Kunci keberhasilan pengomposan adalah mempertahankan rasio yang tepat antara bahan hijau (kaya nitrogen) dengan bahan coklat (kaya karbon). Aturan praktis yang baik adalah menambahkan bahan hijau dan coklat dengan perbandingan yang sama, tetapi Anda dapat menyesuaikan rasio ini tergantung pada jenis bahan apa yang Anda tambahkan dan suhu di dalam tempat sampah Anda.


Bahan ramah lingkungan meliputi hal-hal seperti sisa buah dan sayuran, ampas kopi, kulit telur, dan potongan rumput. Bahan coklat termasuk hal-hal seperti daun kering, ranting, jerami, dan koran. Hindari menambahkan daging atau produk susu, karena ini dapat menarik hama atau menimbulkan bau yang tidak sedap.

Daur ulang

Untuk meminimalkan limbah untuk bisnis Street Food Anda, penting untuk mendaur ulang. Ini berarti memisahkan bahan yang dapat didaur ulang dari sampah Anda dan membawanya ke pusat daur ulang setempat.


Ada banyak manfaat daur ulang, termasuk mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah, melestarikan sumber daya alam, dan menghemat energi. daur ulang juga membantu menciptakan lapangan kerja di industri daur ulang.


Agar mudah didaur ulang di bisnis Street Food Anda, sediakan tempat sampah terpisah untuk bahan yang dapat didaur ulang seperti kertas, plastik, dan logam. Beri label tempat sampah dengan jelas sehingga pelanggan tahu di mana harus meletakkan barang daur ulang mereka. Anda juga dapat menyediakan tas atau kotak untuk digunakan pelanggan setelah mereka selesai makan sehingga mereka dapat dengan mudah mengumpulkan bahan daur ulang.


Mendorong pelanggan untuk mendaur ulang di bisnis Street Food Anda adalah cara yang bagus untuk mengurangi limbah dan membantu lingkungan!

Edukasi Pelanggan Anda

Sebagai pedagang kaki lima, salah satu cara terbaik untuk meminimalkan limbah adalah mengedukasi pelanggan Anda tentang upaya keberlanjutan Anda. Pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menggunakan bahan-bahan lokal, kemasan yang dapat dibuat kompos, dan metode memasak hemat energi. Pelanggan lebih cenderung mendukung bisnis yang sadar akan dampaknya terhadap lingkungan.


Selain mengedukasi pelanggan Anda, pastikan staf Anda terlatih dengan baik tentang cara mengurangi limbah. Mereka harus tahu cara menyimpan dan menyiapkan makanan dengan benar, serta cara menggunakan kembali atau mendaur ulang bahan jika memungkinkan. Dengan mengurangi limbah di setiap tingkat bisnis Anda, Anda akan dapat meminimalkan dampak lingkungan dan menekan biaya.

Berikan Kembali kepada Masyarakat

Ada banyak cara untuk meminimalkan limbah untuk bisnis Street Food Anda. Salah satu caranya adalah memberikan kembali kepada masyarakat.


Salah satu cara Anda dapat memberikan kembali kepada masyarakat adalah dengan menyumbangkan makanan yang tidak terpakai atau tidak terjual ke tempat penampungan atau bank makanan setempat. Ini memastikan bahwa makanan tidak terbuang sia-sia dan mereka yang membutuhkan memiliki akses ke makanan bergizi.


Cara lain untuk memberi kembali adalah dengan membuat kompos sisa makanan Anda. Ini membantu mengurangi emisi metana dari tempat pembuangan sampah dan juga menyediakan tanah yang kaya nutrisi untuk kebun dan peternakan.


Anda juga dapat mengurangi pemborosan dengan bekerja sama dengan bisnis lokal lainnya untuk membuat sistem loop tertutup. Misalnya, Anda dapat bermitra dengan toko roti lokal untuk mendonasikan sisa roti Anda, yang kemudian dapat mereka gunakan sebagai bahan untuk produk mereka.


Dengan memberikan kembali kepada masyarakat, Anda dapat membantu mengurangi sampah, menyediakan makanan bagi mereka yang membutuhkan, dan menciptakan model bisnis yang lebih berkelanjutan.

Kesimpulan

Kami harap artikel ini memberi Anda beberapa tips bermanfaat tentang cara meminimalkan limbah untuk bisnis Street Food Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat mengurangi jumlah limbah yang tidak perlu yang dihasilkan dan membantu melindungi lingkungan kita. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk menyadari dampak keputusan kita terhadap planet ini, jadi berhati-hatilah saat membuat pilihan terkait bahan dan kemasan Anda. Ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang diambil untuk mengurangi limbah membuat perbedaan dalam melestarikan bumi kita!

Sewa peralatan dapur agar lebih sirkular

Ketika datang untuk melengkapi bisnis Street Food Anda dengan peralatan dapur yang diperlukan, salah satu cara terbaik untuk meminimalkan pemborosan adalah dengan menyewanya daripada membelinya langsung. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari membuang atau mendaur ulang peralatan saat mencapai akhir masa pakainya.


Ada sejumlah perusahaan yang berspesialisasi dalam menyewakan peralatan dapur, jadi pastikan untuk berkeliling dan menemukan penawaran terbaik. Selain itu, pastikan Anda hanya menyewa peralatan yang benar-benar Anda butuhkan – tidak ada gunanya membayar sesuatu yang tidak akan Anda gunakan.


Dengan mengikuti tip berikut, Anda dapat membantu memastikan bahwa bisnis Street Food Anda memiliki dampak minimal terhadap lingkungan.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345