Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 28, 2023

6 Tipe Kemasan Terbaik untuk Bisnis Kebab yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Kebab adalah makanan cepat saji yang populer dan tidak diragukan lagi mudah dibuat dan lezat. Tapi bagaimana dengan kemasannya? Apakah ini ramah lingkungan? Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis kebab, pertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Ada lima jenis kemasan ramah lingkungan yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda, baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.


Bungkus menyusut bening

Ini adalah jenis kemasan berkelanjutan yang paling umum, dan merupakan pilihan yang bagus jika Anda ingin mengurangi dampak lingkungan. Shrink wrap terbuat dari plastik bening yang sudah dilapisi dengan perekat. Saat dibungkus dengan produk, perekat akan menutup plastik dari lingkungan. Shrink wrap sering digunakan untuk mengemas makanan seperti kebab, dan dapat didaur ulang dengan bahan daur ulang lainnya.


Kemasan berbahan nabati yang dapat dikomposkan

Kemasan nabati ini terbuat dari bahan nabati seperti tepung jagung dan minyak kedelai. Mereka dapat dibuat kompos, sehingga dapat membantu mengurangi dampak lingkungan Anda saat Anda membuangnya. Kacang kemasan kompos sering digunakan untuk mengemas makanan seperti kebab dalam kotak atau wadah.


Kemasan karton daur ulang

Jenis kemasan ini terbuat dari produk kertas daur ulang seperti koran dan tabung karton. Ini cukup kuat untuk melindungi produk, tetapi juga terurai dengan cepat sehingga tidak menimbulkan tumpukan sampah dari waktu ke waktu. Kemasan karton daur ulang biasanya digunakan untuk makanan seperti kebab yang harus tetap segar dalam jangka waktu lama (seperti gyro).


Film polipropilena

Film polipropilen adalah jenis kemasan ramah lingkungan yang sering digunakan untuk kebab. Bahan kemasan ini terbuat dari plastik yang diolah dengan aditif agar tahan terhadap air dan minyak. Aditif ini membuat plastik menjadi keras, artinya dapat menahan suhu dan sifat sobek dengan baik.

Mylar

Ada beberapa jenis kemasan berkelanjutan yang dapat Anda gunakan untuk bisnis kebab Anda. Beberapa opsi yang paling umum adalah Mylar, polietilen tereftalat (PET), dan polietilen densitas rendah (LDPE).


Mylar adalah pilihan populer untuk kemasan makanan karena tahan panas dan tahan sobek. Ini juga transparan secara optik, yang berarti tidak mempengaruhi rasa atau penampilan makanan. Mylar biasanya terbuat dari bahan daur ulang, sehingga ramah lingkungan dan berkelanjutan.


PET umumnya digunakan untuk mengemas makanan dingin, seperti es krim dan yogurt. Ini kuat dan fleksibel, membuatnya sempurna untuk mengemas makanan yang mudah pecah. PET juga dapat didaur ulang berkali-kali, yang menjadikannya ramah lingkungan dan berkelanjutan.


LDPE adalah jenis plastik yang sering digunakan untuk membuat kantong belanjaan sekali pakai. Murah untuk diproduksi dan didaur ulang, menjadikannya pilihan yang baik untuk alasan keberlanjutan. LDPE tidak tahan lama seperti jenis plastik lainnya, namun masih relatif aman digunakan dalam kemasan makanan

Kertas lilin

Kertas lilin adalah bahan kemasan berkelanjutan yang bagus untuk bisnis kebab Anda! Mudah ditemukan, terjangkau, dan dapat didaur ulang. Berikut adalah lima jenis kertas lilin yang dapat Anda gunakan dalam bisnis Anda:


1. Kertas Lilin Bagasse: Kertas lilin jenis ini terbuat dari bahan limbah pengolahan tebu. Kuat dan ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali.


2. Kertas Lilin Kaleng Kopi Daur Ulang: Jenis kertas lilin ini terbuat dari kaleng kopi daur ulang. Ini tahan lama dan sempurna untuk Kebab yang Dibungkus karena menawarkan hasil akhir yang mengkilap.


3. Kertas Lilin Bungkus Plastik Food Grade: Jenis kertas lilin ini terbuat dari bungkus plastik food grade. Ini kuat dan dapat digunakan kembali, menjadikannya pilihan sempurna untuk Kebab yang perlu tetap segar untuk waktu yang lama.


4. Kertas Lilin Bola Kapas: Jenis kertas lilin ini terbuat dari bola kapas. Ini murah dan mudah untuk memulai, tetapi tidak menawarkan tingkat ketahanan yang sama dengan jenis kertas lilin lainnya.


5. Koran Kertas Lilin: Kertas lilin jenis ini terbuat dari koran. Ini tidak mahal dan ramah lingkungan, tetapi tidak menawarkan tingkat ketahanan yang sama dengan jenis kertas lilin lainnya.

Sewa aset agar lebih melingkar

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat bisnis Anda lebih berkelanjutan, salah satu opsinya adalah menyewa aset daripada membelinya. Ini dapat membantu Anda mengurangi dampak lingkungan dan menjadi lebih melingkar dalam operasi Anda.

Jadi, jika Anda tertarik untuk membuat bisnis Anda lebih berkelanjutan, pertimbangkan untuk menyewa aset daripada membelinya. Ini cara yang bagus untuk menghemat uang, menjadi lebih fleksibel, dan mengurangi dampak lingkungan Anda.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345