Artikel

Konsultasi Gratis

Last Updated Nov 30, 2022

4 Hal Yang Penting untuk Kamu Ketahui Sebelum Mulai Menjual Sushi

Anda mungkin berpikir bahwa menjual sushi semudah menggabungkan beberapa ikan dan nasi, tetapi sebenarnya ada lebih dari itu. Jika Anda berpikir untuk terjun ke bisnis sushi, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui. Sebagai permulaan, Anda harus dapat mengidentifikasi berbagai jenis ikan dan mengetahui cara menyiapkannya dengan benar. Anda juga harus terbiasa dengan berbagai tingkatan sushi, serta berbagai jenis nasi sushi dan cara memasaknya. Selain itu, bisa membuat sushi saja tidak cukup - Anda juga harus bisa menjualnya. Ini berarti mempelajari cara memasarkan bisnis sushi Anda dan membuatnya menonjol dari persaingan. Jika Anda siap menerima tantangan menjual sushi, baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui sebelum memulai.

Tipe-tipe sushi

Sushi adalah hidangan Jepang yang secara tradisional dibuat dengan nasi cuka, makanan laut, dan sayuran. Ada banyak jenis sushi, masing-masing dengan rasa dan bahan yang unik.

Beberapa jenis sushi yang paling populer termasuk nigiri, yaitu nasi sushi dengan ikan atau makanan laut lainnya; maki, yaitu sushi yang digulung dengan rumput laut; dan temaki, yaitu sushi gulung tangan. Ada juga jenis sushi yang kurang umum seperti oshi, di mana sushi ditekan ke dalam cetakan; chirashi, di mana topping tersebar di atas nasi; dan kappa maki, di mana mentimun digunakan sebagai bahan utama.

Apa pun jenis sushi yang Anda pilih, itu pasti makanan yang lezat dan sehat!

Cara membuat sushi

Jika Anda berpikir untuk menjual sushi, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Sebagai permulaan, sushi adalah hidangan Jepang yang biasanya terdiri dari nasi cuka, makanan laut, dan sayuran. Bisa disajikan mentah atau dimasak, dan sering dibungkus dengan nori (rumput laut).

Dalam membuat sushi, yang terpenting adalah menggunakan bahan-bahan segar. Ini berarti menggunakan ikan dan makanan laut tingkat sushi, serta memastikan nasi Anda dibumbui dengan benar. Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan membuat sushi Anda, ada banyak sumber daya online dan kelas memasak yang dapat Anda ikuti untuk menyempurnakan teknik Anda.

Setelah Anda terbiasa membuat sushi, saatnya untuk mulai menjual! Ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda lakukan tentang ini. Anda dapat membuka restoran atau bar sushi Anda sendiri, atau menjadi perusahaan katering yang berspesialisasi dalam sushi. Atau, Anda juga bisa menjual sushi yang sudah jadi di pasar lokal atau pameran makanan.

Rute mana pun yang Anda putuskan, ingatlah bahwa kesuksesan dalam dunia penjualan sushi bermuara pada dua hal: kualitas dan pemasaran. Pastikan produk Anda adalah yang terbaik, dan berkreasilah dengan cara Anda mempromosikan dan menjualnya!

Bagaimana menjual sushi?

Untuk menjual sushi, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bahan dan cara menyiapkannya. Anda juga harus bisa memasarkan sushi Anda ke calon pelanggan.

Pastikan sushi Anda segar - ini penting! Pelanggan akan dimatikan oleh sushi tua atau basi. Jadilah kreatif dengan presentasi Anda. Sushi dapat disajikan dengan berbagai cara, jadi berkreasilah dan buat sushi Anda menonjol dari yang lain. Promosikan sushi Anda - beri tahu orang-orang bahwa Anda menjualnya! 

Gunakan media sosial, selebaran, dari mulut ke mulut, dll. untuk menyebarkan berita di luar sana. Tawarkan diskon atau promosi - ini akan membantu menarik orang untuk mencoba sushi Anda. Siapa yang tidak suka kesepakatan yang baik? Dapatkan umpan balik dari pelanggan - apa yang mereka suka/tidak suka? Apa yang ingin mereka lihat lebih banyak/lebih sedikit? Gunakan umpan balik ini untuk meningkatkan bisnis Anda dan membuat pelanggan datang kembali untuk sushi yang lebih lezat!

Bagaimana memasarkan sushi Anda?

Untuk memasarkan bisnis sushi Anda, Anda harus mengidentifikasi audiens target Anda dan menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan mereka. Untuk menjangkau audiens target Anda, pertimbangkan untuk menggunakan metode pemasaran tradisional seperti iklan cetak dan papan iklan, serta teknik pemasaran digital modern seperti iklan media sosial dan optimisasi mesin pencari.

Strategi pemasaran Anda harus dirancang untuk menarik perhatian dan meyakinkan calon pelanggan untuk mencoba sushi Anda. Gunakan visual dan bahasa yang menarik yang secara akurat mencerminkan kualitas produk Anda. Pastikan untuk menekankan nilai jual unik dari bisnis sushi Anda, seperti kesegaran, keaslian, atau kesehatannya.

Untuk memulai, ciptakan kehadiran media sosial yang kuat untuk bisnis Anda dan mulailah menghasilkan konten berkualitas tinggi yang akan menarik minat calon pelanggan. Kemudian, gunakan iklan bertarget untuk menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Terakhir, lacak kemajuan Anda dan sesuaikan pendekatan Anda sesuai kebutuhan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari upaya pemasaran Anda.

Sewa peralatan dapur untuk memulai

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis sushi, salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyewa peralatan dapur. Ini termasuk kulkas besar untuk berjualan, penanak nasi sushi, dan pisau fillet ikan.

Ketika memulai bisnis, sewa bisa menjadi pilihan terbaik karena biaya awal yang dibutuhkan lebih rendah. Sehingga Anda bisa mengalokasikan budget dengan lebih baik untuk pengembangan bisnis Anda. Anda juga akan mendapatkan fleksibilitas untuk mengganti peralatan ketika dibutuhkan. Selain itu, dengan menyewa Anda juga terhindar dari kerumitan manajemen aset karena adanya layanan dari penyewa yang akan membantu mengelola aset sewaan Anda.

Kesimpulan

Jika Anda berpikir untuk menjual sushi, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Pertama, Anda harus mencari pemasok ikan segar dan bahan-bahan lain yang bagus. Selanjutnya, Anda harus memastikan sushi Anda disiapkan dengan benar dan disajikan dengan cepat. Terakhir, Anda harus menetapkan harga sushi secara kompetitif untuk menarik pelanggan. Dengan sedikit usaha, menjual sushi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

Sekilas Bioma

Bioma menyediakan semua aset yang dibutuhkan dengan model sewa yang fleksibel dan bebas repot. Baca Selengkapnya

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345