Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 30, 2023

4 Efek Perubahan Iklim Terhadap Rantai Pasokan untuk Bisnis

Perubahan iklim adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bisnis saat ini. Dan sementara beberapa perusahaan bekerja untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan, yang lain dipaksa untuk menyesuaikan rantai pasokan mereka untuk mengatasi perubahan iklim. Sebuah studi baru-baru ini oleh Bank Dunia menemukan bahwa perubahan iklim dapat menggusur hingga 140 juta orang pada tahun 2050, dan jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat. Ini berarti bisnis harus menghadapi gangguan pada rantai pasokan mereka, serta peningkatan biaya. Dalam postingan blog ini, kita akan melihat bagaimana perubahan iklim memengaruhi rantai pasokan bisnis dan langkah apa yang dapat mereka ambil untuk beradaptasi.

Cuaca ekstim semakin sering terjadi

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat peningkatan dramatis dalam frekuensi dan tingkat keparahan peristiwa cuaca ekstrem seperti angin topan, banjir, dan kebakaran hutan. Peristiwa ini dapat menyebabkan kerusakan luas pada infrastruktur dan mengganggu rantai pasokan. Bisnis harus siap menghadapi peningkatan risiko dari peristiwa cuaca ekstrem.

Gangguan rantai pasokan semakin sering

Ketika peristiwa cuaca ekstrem menjadi lebih umum, bisnis menghadapi gangguan yang semakin meningkat pada rantai pasokan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan bahan baku, produk jadi, atau keduanya. Bisnis harus siap menghadapi gangguan ini dengan mendiversifikasi basis pemasok mereka dan membangun penyangga inventaris.

Biaya meningkat

Ketika biaya energi meningkat karena faktor terkait perubahan iklim seperti kelangkaan bahan bakar, bisnis juga akan mengalami peningkatan biaya operasional. Selain itu, bisnis mungkin juga menghadapi biaya yang lebih tinggi untuk hal-hal seperti asuransi.

Pola permintaan berubah


Kecenderungan lain adalah bahwa perubahan iklim mengarah pada perubahan pola permintaan global. Misalnya, saat suhu naik, kemungkinan akan ada peningkatan permintaan untuk produk dan layanan pendingin. Ini dapat mengarah pada peluang baru bagi bisnis yang mampu menyediakan produk dan layanan ini.

Kesimpulan

Perubahan iklim dapat mendatangkan malapetaka pada bisnis dan rantai pasokan mereka. Mulai dari kekeringan dan banjir yang merusak tanaman hingga angin topan yang merusak infrastruktur, perubahan iklim dapat menyebabkan gangguan serius. Bisnis harus siap menghadapi gangguan ini, atau mereka berisiko kehilangan uang dan pelanggan. Dengan menyadari risiko dan mengambil langkah-langkah untuk memitigasinya, bisnis dapat melindungi rantai pasokan mereka dari dampak perubahan iklim.

Sewa aset untuk mengatasi perubahan iklim

Perubahan iklim sudah berdampak pada bisnis dan rantai pasokan mereka. Dan itu hanya akan menjadi lebih jelas di tahun-tahun mendatang.

Kabar baiknya adalah ada sejumlah hal yang dapat dilakukan bisnis untuk mengurangi dampak perubahan iklim pada rantai pasokan mereka. Salah satunya adalah menyewa aset daripada membelinya langsung.

Menyewa aset memiliki sejumlah keuntungan dalam hal perubahan iklim. Pertama, mengurangi kebutuhan manufaktur baru, yang dapat memiliki dampak lingkungan yang signifikan. Kedua, ini memungkinkan bisnis mengikuti perubahan teknologi tanpa harus membuang peralatan usang. Dan ketiga, ini memberi bisnis lebih banyak fleksibilitas untuk merespons perubahan permintaan atau gangguan dalam rantai pasokan.

Tentu saja, menyewa aset bukanlah satu-satunya cara bisnis dapat mengurangi dampak perubahan iklim pada rantai pasokan mereka. Tapi itu pasti layak dipertimbangkan mengingat manfaat yang bisa diberikannya.

Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345