Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Sep 25, 2023

10 Strategi Memasarkan Street Food dengan Branding yang Kuat

Street Food lebih populer dari sebelumnya, dan dengan alasan yang bagus. Enak, nyaman, dan seringkali lebih terjangkau daripada restoran tradisional. Namun jika ingin sukses di bisnis Street Food, Anda tidak bisa hanya menyiapkan gerobak dan berharap yang terbaik. Anda harus memiliki strategi branding yang kuat untuk memastikan bisnis Anda menonjol dari persaingan. Berikut adalah strategi branding yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Street Food agar berhasil.

Tentukan audiens Anda

Sebagai pedagang kaki lima, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens target Anda. Kepada siapa Anda menjual? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Pengalaman seperti apa yang ingin mereka dapatkan saat membeli dari Anda?


Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengembangkan strategi branding yang efektif untuk bisnis Street Food Anda. Luangkan waktu untuk benar-benar memahami audiens Anda dan apa yang mereka cari. Kemudian, buat merek yang berbicara kepada mereka secara langsung dan memberi mereka pengalaman terbaik.

Lakukan penelitian Anda

Jika Anda ingin bisnis Street Food Anda sukses, Anda perlu melakukan riset. Cari tahu jenis makanan apa yang populer di daerah Anda dan jenis bisnis apa yang sudah berkembang pesat. Anda perlu memahami target pasar Anda dan apa yang mereka cari. Hanya dengan begitu Anda dapat mulai mengembangkan strategi branding yang akan membuat bisnis Anda menonjol dari yang lain.


Pikirkan tentang apa yang membuat bisnis Street Food Anda unik. Apa kekuatan Anda? Apa yang bisa Anda tawarkan yang tidak bisa ditawarkan bisnis lain? Gunakan ini sebagai dasar untuk strategi branding Anda. Sasaran Anda adalah menciptakan merek yang mudah diingat dan mewakili diri Anda.


Branding Anda harus terlihat jelas dalam segala hal, mulai dari logo hingga cara Anda menampilkan diri secara online. Tetap konsisten di semua platform sehingga orang dapat dengan mudah mengenali bisnis Anda. Dan pastikan Anda selalu mengedepankan yang terbaik!

Buat nama dan logo yang kuat

Bisnis Street Food Anda membutuhkan nama dan logo yang kuat yang akan membuatnya menonjol dari persaingan. Pikirkan tentang apa yang membuat bisnis Anda unik dan gunakan itu untuk menginformasikan keputusan branding Anda.


Branding Anda harus mencerminkan suasana keseluruhan yang ingin Anda ciptakan untuk bisnis Anda. Jika Anda menginginkan merek yang menyenangkan dan unik, maka nama dan logo Anda harus mencerminkan hal itu. Sebaliknya, jika Anda mengincar merek yang lebih canggih, merek Anda juga harus mencerminkannya.


Luangkan waktu untuk memikirkan berbagai nama dan logo yang menurut Anda cocok untuk bisnis Anda. Setelah Anda memiliki beberapa ide, sampaikan kepada beberapa teman atau anggota keluarga untuk mendapatkan pendapat mereka. Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda, tetapi penting untuk memilih nama dan logo yang Anda sukai.

Gunakan media sosial

Media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pelanggan potensial dan membuat gebrakan di sekitar bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki kehadiran yang kuat di semua platform utama, dan jangan lupa untuk terlibat dengan audiens Anda secara teratur.

Buat situs web

Jika Anda belum memiliki situs web untuk bisnis Street Food, sekaranglah waktunya untuk membuatnya. Situs web Anda adalah bagian penting dari strategi branding dan pemasaran Anda, dan ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini.


Berikut adalah beberapa tip untuk membuat situs web untuk bisnis Street Food Anda:


1. Tetap sederhana. Situs web Anda tidak perlu terlalu rumit atau mewah. Pastikan mudah dinavigasi dan menyertakan semua informasi penting tentang bisnis Anda (lokasi, menu, jam buka, dll.).


2. Gunakan gambar berkualitas tinggi. Karena situs web Anda pada dasarnya adalah representasi visual dari merek Anda, pastikan untuk menggunakan gambar berkualitas tinggi yang mencerminkan tampilan dan nuansa bisnis Anda secara akurat.


3. Jadikan mobile-friendly. Semakin banyak orang menggunakan ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya untuk mengakses internet, jadi penting untuk memastikan situs web Anda dirancang dengan mempertimbangkan pengguna seluler. Ini berarti memiliki desain responsif yang terlihat bagus di semua ukuran layar dan memastikan bahwa semua konten dapat dilihat dengan mudah di layar yang lebih kecil.


4. Gunakan konten yang menarik. Selain gambar, situs web Anda juga harus menyertakan konten yang ditulis dengan baik dan menarik yang berbicara kepada audiens target Anda dan memberi tahu mereka apa yang membuat bisnis Street Food Anda unik.

Gunakan taktik pemasaran gerilya

Tidak diragukan lagi bahwa Street Food adalah salah satu tren terpanas di dunia kuliner saat ini. Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis Street Food, maka Anda perlu memastikan branding Anda tepat sasaran.


Salah satu cara terbaik untuk membuat bisnis Street Food Anda menonjol adalah dengan menggunakan taktik pemasaran gerilya. Pemasaran gerilya adalah tentang menjadi kreatif dan berpikir di luar kebiasaan. Ini tentang membuat merek Anda diperhatikan di tempat yang tidak terduga dan di depan pemirsa baru.


Pemasaran gerilya adalah cara yang bagus untuk membuat orang berbicara tentang merek Anda dan menghasilkan desas-desus di sekitar bisnis Anda. Jadi, jika Anda sedang mencari beberapa cara kreatif untuk memasarkan bisnis Street Food Anda, pastikan untuk mencoba pemasaran gerilya!

Maksimalkan acara dan festival

Acara dan festival adalah peluang bagus untuk memperkenalkan bisnis Street Food Anda kepada banyak orang. Untuk memaksimalkan acara ini, Anda harus memiliki strategi branding yang jelas.


Branding Anda harus konsisten dengan keseluruhan tampilan dan nuansa bisnis Anda. Ini berarti papan nama, seragam, dan materi pemasaran Anda semuanya harus mencerminkan merek Anda.


Di acara, Anda harus memiliki kehadiran yang kuat dengan tampilan yang menarik. Staf Anda harus ramah dan berpengetahuan tentang produk Anda. Dan yang terpenting, makanan Anda harus enak!


Dengan strategi branding yang dijalankan dengan baik, Anda dapat mengubah pengunjung acara menjadi pelanggan setia yang akan terus kembali ke bisnis Street Food Anda.

Berikan gratis

Sebagai pedagang kaki lima, salah satu strategi branding terbaik yang dapat Anda gunakan adalah dengan memberikan barang gratis. Ini akan membantu memperkenalkan nama dan merek Anda, serta menarik pelanggan baru.


Beberapa ide untuk hadiah gratis yang dapat Anda berikan meliputi:


-Sampel makanan Anda

-Kupon untuk diskon makanan Anda

-T-shirt atau merchandise bermerek lainnya


Memberikan barang gratis adalah cara yang bagus untuk menyebarkan berita tentang bisnis Street Food Anda dan menarik pelanggan baru. Pastikan untuk memilih item yang mewakili merek Anda dan yang akan populer di kalangan audiens target Anda.

Terlibatlah dalam komunitas

Bisnis Street Food adalah tentang komunitas. Terlibat dalam komunitas lokal adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda dan memperkenalkan nama Anda. Ada banyak cara untuk terlibat dalam komunitas, tetapi berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai:


1. Relawan di acara lokal. Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang-orang dan menunjukkan kepada mereka apa sebenarnya merek Anda.


2. Sponsori tim atau acara lokal. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan nama Anda dan menunjukkan dukungan Anda kepada komunitas.


3. Terlibat dalam amal lokal. Ini adalah cara yang bagus untuk memberikan kembali kepada masyarakat dan membuat perbedaan. Plus, ini cara yang bagus untuk bertemu orang dan membangun hubungan.

Gunakan pemasaran dari mulut ke mulut

Ketika datang untuk memasarkan bisnis Street Food Anda, salah satu metode yang paling efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Ini termasuk mendorong pelanggan dan pengunjung untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda melalui ulasan dan rujukan positif.


Untuk memulai pemasaran dari mulut ke mulut, pastikan Anda menyediakan produk atau layanan hebat yang ingin diceritakan orang kepada orang lain. Kemudian, buat sistem untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan sehingga Anda dapat mengidentifikasi area perbaikan apa pun. Terakhir, jangan takut untuk meminta referensi dari pelanggan dan pengunjung - sering kali, mereka akan dengan senang hati membantu mempromosikan bisnis Anda!

Sewa peralatan dapur untuk mengembangkan bisnis Anda

Saat pertama kali memulai, penting untuk menjaga biaya tetap rendah. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyewa peralatan dapur alih-alih membelinya secara langsung. Ini akan membantu Anda menghemat biaya di muka dan juga memberi Anda fleksibilitas untuk meningkatkan atau menurunkan versi peralatan Anda seiring pertumbuhan bisnis Anda.


Keuntungan lain dari menyewa peralatan dapur adalah dapat membantu Anda meningkatkan skala bisnis dengan lebih cepat. Jika perlu menambah kapasitas lagi, Anda cukup menyewa peralatan tambahan sesuai kebutuhan. Ini adalah solusi yang jauh lebih sederhana dan lebih cepat daripada membeli peralatan baru dan bersusah payah memasangnya sendiri.


Jika Anda memutuskan untuk pergi ke jalur persewaan, pastikan untuk bekerja dengan penyedia andal yang dapat menawarkan pilihan peralatan berkualitas tinggi yang bagus. Dan pastikan untuk membaca ketentuan perjanjian Anda dengan hati-hati sehingga Anda memahami dengan tepat apa yang menjadi tanggung jawab Anda.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345