Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 30, 2023

10 Pertimbangan yang Perlu Anda Pikirkan Sebelum Memulai Bisnis Kebab

Jika Anda mencari industri yang menguntungkan untuk dimasuki, pertimbangkan bisnis kebab. Lagi pula, siapa yang tidak suka kebab yang lezat? Tetapi sebelum Anda memulai bisnis Anda sendiri, ada begitu banyak hal yang perlu dipikirkan. Dari memutuskan jenis kebab apa yang ingin Anda sajikan hingga memikirkan cara memasarkan bisnis Anda dan berapa banyak investasi modal yang Anda perlukan; ini hanya beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan. Artikel ini akan membahas hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis kebab agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut!

Lokasi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih lokasi usaha kebab Anda. Yang pertama adalah ukuran tempat. Anda akan membutuhkan ruang yang cukup untuk muat di dapur, area persiapan, dan area tempat duduk. Yang kedua adalah harga sewa. Pastikan Anda mampu membayar sewa bulanan tanpa membebani keuangan Anda terlalu banyak. Yang ketiga adalah langkah kaki. Pilih lokasi dengan footfall yang tinggi agar Anda mendapatkan banyak pelanggan yang melewati toko Anda. Terakhir, pertimbangkan kompetisi. Jika sudah ada toko kebab lain di area tersebut, pastikan Anda dapat menawarkan sesuatu yang unik yang akan menarik pelanggan ke bisnis Anda.

Biaya barang

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan harga kebab Anda, termasuk harga pokok barang. Biaya daging, sayuran, dan bahan lainnya akan berperan dalam berapa harga yang Anda kenakan untuk setiap kebab. Anda juga harus memperhitungkan biaya tenaga kerja, karena hal ini akan memengaruhi profitabilitas Anda secara keseluruhan.


Sangat penting untuk mencapai keseimbangan antara apa yang Anda tetapkan dan apa yang bersedia dibayar oleh pelanggan Anda. Jika Anda menagih terlalu sedikit, Anda mungkin tidak menghasilkan cukup uang untuk menutupi biaya Anda. Jika Anda menagih terlalu banyak, Anda berisiko kehilangan bisnis karena pesaing. Pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan berapa harga yang tepat untuk kebab Anda.

Peralatan

Saat memulai bisnis kebab, ada beberapa peralatan penting yang Anda perlukan untuk sukses. Pertama, Anda membutuhkan panggangan kebab yang berkualitas. Ada banyak jenis dan ukuran panggangan yang tersedia di pasaran, jadi penting untuk melakukan riset untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda memerlukan pisau kebab, yang dirancang khusus untuk mengiris daging untuk kebab. Barang lain yang diperlukan termasuk tusuk sate, penjepit, dan permukaan tahan panas untuk disajikan.


Jika Anda berencana untuk menjual kebab kepada pelanggan untuk dibawa pulang, Anda juga membutuhkan persediaan kemasan. Kotak atau tas yang menjaga kebab tetap hangat sangat penting, serta label dan stiker untuk memberi label isinya. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam beberapa materi pemasaran, seperti selebaran atau poster, untuk membantu mempromosikan bisnis Anda.

Pemasok

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat memilih pemasok kebab untuk bisnis Anda. Pertama, Anda ingin memastikan bahwa pemasok dapat menyediakan produk dengan kualitas yang konsisten. Artinya pemasok harus bisa menyediakan jenis dan kualitas daging dan sayuran yang sama untuk setiap batch kebab. Kedua, Anda ingin mencari supplier yang bisa memberikan harga bersaing. Dengan cara ini, Anda dapat menekan biaya dan memberikan penghematan kepada pelanggan Anda. Terakhir, Anda ingin memastikan bahwa pemasok tersebut memiliki reputasi yang baik. Ini akan membantu memastikan bahwa pelanggan Anda senang dengan produk yang mereka terima.

Kompetisi

Sebelum memulai bisnis kebab, penting untuk mempertimbangkan tingkat persaingan di pasar. Ada sejumlah bisnis kebab yang sudah mapan di Inggris Raya, jadi penting untuk meneliti pasar dan memahami audiens target Anda sebelum mendirikan toko.


Perlu juga dipertimbangkan apa yang membedakan bisnis Anda dari pesaing. Apakah Anda menawarkan nilai jual yang unik? Apakah toko kebab Anda akan berlokasi di lokasi utama? Ini semua adalah faktor yang akan membantu Anda menarik pelanggan dan menonjol dari keramaian.

Sasaran pasar

Saat memulai bisnis kebab, penting untuk mempertimbangkan target pasar Anda. Kepada siapa Anda menjual? Apa yang mereka inginkan? Berapa banyak mereka bersedia membayar?


Target pasar Anda akan menentukan banyak aspek bisnis Anda, mulai dari jenis kebab yang Anda jual hingga titik harga. Jika Anda menjual ke siswa, misalnya, Anda harus menawarkan kebab murah dan enak yang bisa dimakan saat bepergian. Jika Anda menjual kepada pekerja kantoran, Anda perlu menawarkan sesuatu yang sedikit lebih substansial dan bahkan mungkin memberikannya.


Pertimbangkan target pasar Anda dengan hati-hati dan pastikan Anda memahami kebutuhan mereka sebelum mendirikan bisnis kebab Anda.

Menu

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat menu usaha kebab Anda. Pertama, Anda harus memutuskan jenis masakan apa yang akan Anda sajikan. Apakah Anda akan tetap berpegang pada kebab tradisional Turki, atau apakah Anda akan menawarkan campuran hidangan internasional yang lebih eklektik? Setelah Anda memutuskan masakan Anda, saatnya untuk mulai merencanakan menu Anda.


Pikirkan item apa yang akan populer dengan target pasar Anda. Jika Anda membidik orang yang lebih sadar kesehatan, Anda pasti ingin fokus menawarkan pilihan daging tanpa lemak dan banyak sayuran segar. Namun, bagi mereka yang mencari makanan yang mengenyangkan, Anda mungkin ingin menyertakan beberapa pilihan yang lebih mengenyangkan seperti betis domba atau paha ayam.


Jangan lupakan lauk pauk! Kebab yang enak tidak ada artinya tanpa pendamping yang lezat untuk menemaninya. Beberapa pilihan populer termasuk nasi, gandum bulgur, salad, dan roti pipih. Pastikan untuk menawarkan berbagai saus celup juga - saus tzatziki selalu populer!


Last but not least, jangan lupa makanan penutup! Lagi pula, siapa yang tidak suka menghabiskan makanan mereka dengan suguhan manis? Baklava selalu merupakan pilihan yang baik, tetapi jangan ragu untuk berkreasi dan menawarkan makanan penutup unik lainnya seperti kesenangan Turki atau aprikot yang direndam madu.

Harga

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga untuk bisnis kebab Anda. Yang pertama adalah harga pokok penjualan (HPP), yang mencakup biaya bahan, tenaga kerja, dan biaya overhead lainnya yang terkait dengan menjalankan bisnis Anda.


Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah margin keuntungan yang Anda inginkan. Aturan praktis umum dalam industri makanan adalah menandai item 2-3 kali COGS mereka, tetapi Anda mungkin ingin menyesuaikannya berdasarkan tujuan bisnis spesifik Anda.

Terakhir, Anda juga harus memperhitungkan pajak atau biaya apa pun yang mungkin berlaku untuk bisnis Anda.


Mempertimbangkan semua faktor ini akan membantu Anda menghasilkan strategi penetapan harga yang sesuai untuk bisnis Anda dan membantu Anda mencapai keuntungan yang diinginkan.

Pemasaran

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kebab, dan pemasaran adalah salah satunya. Anda harus memutuskan strategi pemasaran seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk menjangkau target pasar Anda. Apakah Anda ingin menggunakan pemasaran online, atau pemasaran offline? Bagaimana dengan pemasaran dari mulut ke mulut?


Sangat penting untuk memiliki gambaran yang jelas tentang siapa target pasar Anda sebelum Anda mulai merencanakan strategi pemasaran Anda. Siapa orang yang paling mungkin membeli kebab Anda? Setelah Anda mengetahui siapa target pasar Anda, Anda dapat mulai merencanakan cara menjangkau mereka.


Pikirkan di mana target pasar Anda menghabiskan waktu mereka. Jika mereka online, maka pemasaran online mungkin merupakan cara terbaik untuk menjangkau mereka. Jika mereka offline, maka pemasaran offline mungkin merupakan cara terbaik untuk menjangkau mereka. Ada banyak cara berbeda untuk memasarkan kebab Anda, jadi penting untuk memilih salah satu yang paling sesuai untuk mencapai target pasar Anda.


Terakhir, pikirkan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk pemasaran. Pemasaran bisa mahal, jadi penting untuk menetapkan anggaran dan menaatinya. Ada banyak pilihan pemasaran gratis atau berbiaya rendah yang tersedia, jadi jangan merasa Anda harus menghabiskan banyak uang untuk pemasaran agar berhasil.

Pertimbangan hukum

Jika Anda berencana memulai bisnis kebab, ada beberapa pertimbangan hukum yang perlu Anda perhatikan. Pertama, Anda harus mendapatkan lisensi dan izin yang relevan dari otoritas lokal Anda untuk menjalankan bisnis Anda. Kedua, Anda perlu memastikan bahwa tempat Anda memenuhi semua standar kesehatan dan keselamatan yang diperlukan. Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa Anda mematuhi peraturan kebersihan makanan.

Sewa peralatan dapur untuk memulai bisnis Anda

Jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyewa peralatan dapur. Ini bisa menjadi tugas yang menakutkan, tapi jangan khawatir - kami siap membantu! Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menyewa peralatan dapur, seperti jenis bisnis yang Anda mulai dan berapa anggaran yang Anda miliki. Tapi begitu Anda mengetahuinya, prosesnya sebenarnya cukup sederhana.


Jadi begitulah - semua yang perlu Anda ketahui tentang menyewa peralatan dapur untuk bisnis baru Anda. Ingatlah untuk meluangkan waktu Anda, lakukan riset, dan temukan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. Semoga beruntung!



Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345