Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 30, 2023

10 Pertimbangan Penting Sebelum Terjun Ke Bisnis Clothing Line dan Fashion

Jadi, Anda ingin memulai lini pakaian. Anda memiliki hasrat, dorongan, dan semangat kewirausahaan. Tapi apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk membuat clothing line Anda sukses? Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke dunia fashion. Dari memilih produk yang tepat hingga menargetkan pasar yang tepat, ada banyak faktor yang membuat sebuah clothing line sukses. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih produk clothing line Anda. Dari kesesuaian dan kain hingga titik harga dan target pasar, baca terus semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat lini pakaian Anda sukses.

Pasar Sasaran

Memilih produk yang tepat untuk lini pakaian Anda sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Langkah pertama dalam memilih produk yang tepat adalah mengidentifikasi target pasar Anda. Kepada siapa Anda menjual? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Mereka termasuk dalam kelompok usia berapa? Berapa tingkat pendapatan mereka? Mengetahui siapa target pasar Anda akan membantu Anda memilih produk yang tepat untuk mereka.

Setelah Anda mengidentifikasi target pasar Anda, saatnya untuk meneliti produk apa yang mereka cari. Jenis pakaian apa yang mereka butuhkan atau inginkan? Gaya apa yang mereka sukai? Warna apa yang mereka sukai? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit pilihan produk clothing line Anda.

Terakhir, Anda harus mempertimbangkan anggaran saat memilih produk clothing line. Berapa banyak yang dapat Anda keluarkan untuk bahan dan produksi? Perlu diingat bahwa harga produk Anda harus kompetitif untuk menarik pelanggan.

Dengan meluangkan waktu untuk mempertimbangkan semua faktor ini, Anda akan dapat memilih produk yang tepat untuk lini pakaian Anda dan meningkatkan peluang sukses Anda.

Produk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk clothing line Anda. Yang pertama adalah jenis produk yang ingin Anda jual. Ada banyak jenis pakaian yang berbeda, jadi Anda harus memutuskan mana yang ingin menjadi spesialisasi Anda. Beberapa pilihan termasuk kaus, topi, jaket, atau celana. Setelah Anda memutuskan jenis produk yang ingin Anda jual, Anda harus memilih desain. Ini bisa menjadi tugas yang sulit, tetapi penting untuk memilih sesuatu yang mewakili merek Anda dengan baik dan akan menarik bagi target pasar Anda. Setelah desain Anda siap, Anda harus memilih pabrikan. Ini adalah keputusan penting, karena kualitas produk Anda akan sangat bergantung pada kualitas proses pembuatannya. Anda juga harus mempertimbangkan poin harga, karena Anda harus memastikan produk Anda terjangkau untuk target pasar Anda sambil tetap menguntungkan bisnis Anda.

Harga

Harga produk lini pakaian Anda penting karena berbagai alasan. Pertama, ini akan menentukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan per barang yang terjual. Kedua, itu akan mempengaruhi seberapa kompetitif produk Anda di pasar. Dan ketiga, ini akan membantu Anda menetapkan anggaran untuk keseluruhan upaya pemasaran dan periklanan Anda.


Saat menetapkan harga produk clothing line Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pertimbangkan biaya bahan dan produksi. Anda harus memperhitungkan biaya kain, trim, dan bahan lainnya, serta biaya tenaga kerja untuk menjahit atau merakit pakaian. Selanjutnya, pertimbangkan biaya pengiriman Anda. Jika Anda berencana untuk menjual secara online, Anda harus memperhitungkan biaya pengiriman setiap garmen ke pelanggan Anda. Terakhir, jangan lupa memperhitungkan pajak dan biaya lain yang mungkin berlaku untuk produk Anda.


Setelah Anda mempertimbangkan semua biaya ini, Anda dapat mulai menetapkan harga untuk lini produk pakaian Anda. Perlu diingat bahwa Anda harus mencapai keseimbangan antara menghasilkan keuntungan dan bersaing di pasar. Jika Anda menetapkan harga terlalu tinggi, Anda mungkin tidak dapat menjual banyak produk; jika Anda menetapkannya terlalu rendah, Anda mungkin tidak menghasilkan banyak keuntungan per penjualan. Menemukan titik harga yang tepat dapat memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, jadi jangan takut untuk bereksperimen sampai Anda menemukan strategi penetapan harga yang sesuai untuk bisnis Anda.

Kualitas

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam hal kualitas produk clothing line Anda. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa bahan yang Anda gunakan berkualitas baik. Ini berarti bahwa mereka harus tahan lama dan mampu menahan keausan berulang kali. Selain itu, jahitan pakaian Anda harus kuat dan tidak mudah lepas. Akhirnya, konstruksi keseluruhan item pakaian Anda harus dibuat dengan baik sehingga bentuknya tetap dan tidak berantakan setelah beberapa kali dicuci.


Jika Anda berhemat pada kualitas, itu akan terlihat di pakaian Anda. Pakaian yang dibuat dengan buruk seringkali tidak nyaman dipakai, tidak tahan lama, dan hanya terlihat murahan. Sebaliknya, pakaian berkualitas tinggi biasanya lebih mahal untuk diproduksi tetapi bernilai investasi karena akan bertahan lebih lama, terlihat lebih baik, dan terasa lebih nyaman dipakai. Pelanggan Anda juga akan menghargai memiliki pakaian yang dapat mereka andalkan untuk bertahan lama.

Branding

Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih produk clothing line Anda. Pertama, Anda perlu menentukan target pasar Anda. Siapa yang Anda coba jangkau dengan clothing line Anda? Setelah Anda mengetahui siapa target pasar Anda, Anda bisa mulai mempersempit jenis produk apa yang ingin Anda tawarkan.


Apakah Anda ingin menawarkan kaos, topi, atau aksesoris lainnya? Bagaimana dengan outerwear atau activewear? Ada begitu banyak pilihan dalam hal produk lini pakaian, jadi penting bagi Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang paling cocok untuk bisnis Anda.


Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah branding Anda. Gambar apa yang ingin Anda proyeksikan dari clothing line Anda? Apakah Anda ingin menjadi trendi dan trendi, atau klasik dan tak lekang oleh waktu? Branding Anda akan memainkan peran besar dalam menentukan jenis produk apa yang akhirnya Anda pilih.


Akhirnya, jangan lupa tentang harga. Anda perlu memastikan bahwa harga Anda sesuai dengan persaingan dan Anda dapat memperoleh keuntungan dari setiap penjualan. Jika Anda mengingat hal-hal ini, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk memilih produk lini pakaian yang sempurna untuk bisnis Anda.

Produsen

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat memilih produsen clothing line. Pertama, Anda ingin memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki reputasi baik dan memiliki rekam jejak yang baik. Anda juga ingin menanyakan tentang jumlah pesanan minimum (MOQ) dan waktu tunggu mereka. Selain itu, Anda pasti ingin bertanya tentang kemampuan produksi mereka dan apakah mereka dapat mengakomodasi kebutuhan produk spesifik Anda atau tidak. Terakhir, pastikan untuk memahami layanan pelanggan dan gaya komunikasi mereka untuk memastikan bahwa Anda dapat bekerja sama dengan lancar.

Jumlah Pesanan Minimum (MOQ)

Ketika datang untuk memulai lini pakaian, salah satu hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah jenis produk yang ingin Anda jual. Setelah Anda mengetahuinya, Anda perlu mempertimbangkan jumlah pesanan minimum (MOQ) untuk setiap produk.


MOQ adalah jumlah unit minimum yang bersedia diproduksi oleh produsen untuk Anda. Ini penting untuk dipertimbangkan karena akan mempengaruhi harga barang Anda dan waktu produksi.


Jika Anda baru memulai, kemungkinan besar Anda tidak memiliki anggaran untuk memenuhi MOQ yang tinggi. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bekerja dengan produsen yang lebih kecil atau mencari cara untuk mengurangi biaya Anda.

Waktu Pimpin

Dalam hal pembuatan produk lini pakaian Anda, salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah waktu tunggu. Ini adalah jumlah waktu yang dibutuhkan dari saat Anda melakukan pemesanan dengan pabrikan hingga Anda menerima produk jadi.


Waktu tunggu dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda buat dan perusahaan tempat Anda bekerja. Misalnya, t-shirt sederhana mungkin hanya memiliki waktu tunggu beberapa minggu, sedangkan pakaian yang lebih rumit seperti gaun atau mantel bisa memakan waktu beberapa bulan.


Penting untuk mempertimbangkan waktu tunggu saat merencanakan lini pakaian Anda, karena Anda perlu menyediakan cukup waktu untuk produksi sebelum tanggal peluncuran. Anda juga perlu memastikan bahwa pabrikan Anda dapat memenuhi tenggat waktu Anda, jadi pastikan untuk mengomunikasikan garis waktu Anda dengan jelas sejak awal.

Syarat pembayaran

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat menetapkan ketentuan pembayaran untuk produk lini pakaian Anda. Pertama, Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat menerima pembayaran tepat waktu. Ini berarti menyiapkan faktur dan pembayaran Anda sehingga Anda tidak mengejar uang muka setelah kejadian tersebut. Anda juga ingin mempertimbangkan metode pembayaran seperti apa yang ingin Anda terima. Beberapa bisnis hanya menerima uang tunai atau cek, sementara yang lain juga menerima kartu kredit atau pembayaran online. Anda harus memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis dan pelanggan Anda. Terakhir, pertimbangkan diskon atau promosi apa pun yang mungkin ingin Anda tawarkan untuk pembayaran lebih awal. Ini dapat membantu memberi insentif kepada pelanggan untuk membayar tepat waktu dan membantu Anda meningkatkan arus kas Anda.

Pengembalian

Jika Anda berpikir untuk memulai lini pakaian, salah satu hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana Anda menangani pengembalian. Anda harus memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan ringkas, serta memenuhi kebutuhan pelanggan dan bisnis Anda.


Ada beberapa hal yang perlu diingat saat membuat kebijakan pengembalian Anda:


Apa kebijakan pengembalian Anda? Pastikan Anda menyatakan dengan jelas apa kebijakan Anda, sehingga tidak ada kejutan bagi pelanggan Anda.


Berapa lama pelanggan harus mengembalikan barang? Ini akan bervariasi tergantung pada bisnis Anda, tetapi penting untuk menetapkan jangka waktu agar pelanggan tahu apa yang diharapkan.


Jenis barang apa saja yang dapat dikembalikan? Sekali lagi, ini akan bervariasi tergantung pada bisnis Anda, tetapi penting untuk memperjelas tentang apa yang dapat dan tidak dapat dikembalikan.


Dalam kondisi apa barang harus dikembalikan? Hal ini penting untuk memastikan bahwa barang yang dikembalikan dalam kondisi layak jual.


Apakah ada biaya restocking? Jika demikian, pastikan Anda memasukkan ini ke dalam polis Anda sehingga pelanggan mengetahuinya.


Dengan memiliki kebijakan pengembalian yang jelas dan ringkas, Anda dapat membantu memastikan pelanggan puas dengan pembelian mereka, dan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Sewa aset untuk meningkatkan skala bisnis Anda

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda mungkin perlu menyewa aset tambahan untuk mengakomodasi peningkatan produksi. Misalnya, Anda mungkin perlu menyewa ruang kerja yang lebih besar atau membeli mesin jahit baru. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan skala bisnis Anda tanpa menimbulkan banyak hutang. Namun, penting untuk mempertimbangkan biaya sewa versus kepemilikan jangka panjang sebelum membuat keputusan ini.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345