Tutup

7 trik mudah yang bisa kamu ikuti sekarang untuk Bisnis Kuliner-mu

Mulai sewa semua kebutuhan bisnis dengan Bioma

Dengan Bioma, anda dapat mendapatkan semua kebutuhan aset bisnis anda dengan modal minim

Konsultasi Gratis

Last Updated Mar 28, 2023

10 Cara Meningkatkan Pengelolaan Sampah untuk Bisnis Kos-kosan Yang Ramah Lingkungan

Pengelolaan sampah menjadi perhatian utama bagi bisnis Kos-kosan, universitas, dan organisasi lainnya. Dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, tumbuh gerakan untuk mengurangi limbah dan menciptakan praktik yang lebih berkelanjutan di semua bidang kehidupan. Untuk bisnis Kos-kosan, ini bukan hanya tentang melakukan bagian mereka untuk mengurangi jumlah sampah yang mereka hasilkan; ini juga tentang menemukan cara untuk meminimalkan biaya yang terkait dengan pembuangan limbah. Dengan menerapkan inisiatif minimalisasi limbah, bisnis Anda dapat menghemat biaya operasional sekaligus memperkuat kredensial ramah lingkungan dalam prosesnya. Dalam posting blog ini, kami akan mengeksplorasi cara-cara untuk meminimalkan limbah untuk bisnis Kos-kosan Anda dan mendapatkan keuntungan dari pengurangan biaya dalam jangka panjang.

Mendaur ulang

Ada banyak cara untuk mendaur ulang dan mengurangi limbah di bisnis Kos-kosan Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi jumlah kertas yang Anda gunakan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kertas daur ulang, atau dengan menggunakan opsi elektronik seperti e-book, pembayaran tagihan online, dan memo digital.


Cara lain untuk mengurangi limbah adalah menggunakan kembali barang jika memungkinkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan kaos lama sebagai kain perca, atau menyumbangkan barang yang tidak terpakai ke toko barang bekas lokal. Anda juga dapat mendorong warga Anda untuk mendaur ulang dengan menyediakan tempat sampah daur ulang dan pendidikan tentang apa yang dapat didaur ulang.


Terakhir, Anda bisa membuat kompos dari sisa makanan dan sampah organik lainnya. Ini tidak hanya akan mengurangi limbah, tetapi juga dapat menyediakan kompos yang kaya nutrisi untuk taman atau lanskap Anda.

Menggunakan kembali

Dalam menjalankan bisnis Kos-kosan, ada banyak cara untuk meminimalkan pemborosan dan menekan biaya operasional Anda. Salah satu cara termudah untuk melakukan ini adalah menggunakan kembali bahan jika memungkinkan.


Ini bisa berarti apa saja mulai dari menggunakan kertas daur ulang untuk printer Anda hingga menggunakan kembali furnitur lama di area umum. Ada juga banyak cara untuk mengurangi limbah makanan, seperti membuat kompos atau menyumbangkan makanan yang tidak terpakai ke tempat penampungan setempat.


Dengan melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengurangi limbah, Anda dapat menghemat uang dan sekaligus membantu lingkungan.

Menyumbang

Ketika datang ke bisnis Kos-kosan, ada beberapa cara untuk meminimalkan limbah. Salah satu caranya adalah dengan mendonasikan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan atau digunakan lagi. Ini dapat dilakukan dengan menghubungi badan amal atau pusat donasi setempat untuk mengetahui apakah mereka membutuhkan barang tersebut. Cara lain untuk mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulang barang-barang yang dapat digunakan kembali. Ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan program daur ulang di kampus atau bekerja sama dengan perusahaan daur ulang lokal.

Pengomposan

Dalam hal pengelolaan limbah untuk bisnis Kos-kosan Anda, pengomposan adalah cara yang bagus untuk meminimalkan limbah dan mengurangi dampak lingkungan Anda. Dengan mengomposkan sisa makanan dan bahan organik lainnya, Anda dapat membuat amandemen tanah kaya nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan tanaman dan kebun Anda.


Selain mengurangi sampah, pengomposan juga memiliki sejumlah manfaat lain. Ini dapat membantu memperbaiki drainase dan aerasi tanah, serta meningkatkan kapasitas penahan airnya. Kompos juga menyediakan nutrisi penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman.


Jika Anda tertarik untuk memulai program pengomposan di bisnis Kos-kosan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda harus menemukan lokasi yang cocok untuk tempat sampah atau tumpukan kompos Anda. Penting untuk memilih tempat yang jauh dari area lalu lintas tinggi dan jauh dari sinar matahari langsung.


Selanjutnya, Anda harus menentukan jenis bahan apa yang akan Anda buat menjadi kompos. Sisa makanan, ampas kopi, dan kulit telur adalah pilihan bagus untuk pengomposan. Anda juga perlu menambahkan beberapa bahan kaya karbon ke tempat sampah Anda, seperti daun atau jerami.


Setelah Anda mengumpulkan semuanya, saatnya untuk mulai melapisi materi Anda di tempat sampah atau tumpukan. Bergantian antara lapisan hijau (sisa makanan) dan coklat (bahan kaya karbon) sampai tempat sampah penuh. Pastikan bahan tetap lembab dengan menambahkan air.

Mengurangi penggunaan handuk kertas dan serbet

Jika Anda menjalankan bisnis Kos-kosan, ada banyak cara untuk meminimalkan limbah dan lebih berkelanjutan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengurangi penggunaan handuk kertas dan serbet. Berikut beberapa tip tentang cara melakukannya:


-Dorong penghuni Anda untuk menggunakan handuk dan serbet yang dapat digunakan kembali daripada kertas. Ini dapat dilakukan dengan menyediakan handuk dan serbet yang dapat digunakan kembali atau memberi mereka diskon sewa jika mereka menggunakan yang dapat digunakan kembali.


-Pastikan semua kamar mandi di Kos-kosan memiliki dispenser handuk kertas yang hanya mengeluarkan satu lembar pada satu waktu.


-Pasang pengering udara di semua kamar mandi agar penghuni dapat mengeringkan tangan tanpa menggunakan handuk kertas.


-Mendorong warga untuk membuat kompos menggunakan handuk kertas dan serbet daripada membuangnya ke tempat sampah.

Menggunakan peralatan hemat energi

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis Kos-kosan Anda lebih hemat energi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan peralatan hemat energi. Peralatan ini menggunakan lebih sedikit energi daripada model tradisional, dan dapat membantu Anda menghemat uang untuk tagihan listrik.


Cara lain untuk menghemat energi adalah memastikan Kos-kosan Anda terinsulasi dengan baik. Ini akan membantu menjaga kamar Anda tetap sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin, dan akan mengurangi jumlah energi yang perlu Anda gunakan untuk mempertahankan suhu yang nyaman.


Terakhir, Anda juga dapat mendorong penghuni Anda untuk menghemat energi dengan memberi mereka tip dan informasi tentang bagaimana mereka dapat menghemat uang untuk tagihan listrik mereka.

Mencabut steker elektronik saat tidak digunakan

Dalam hal mengurangi jejak karbon bisnis Kos-kosan Anda, salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mencabut kabel elektronik saat tidak digunakan. Banyak perangkat terus menarik daya meskipun dimatikan, jadi dengan mencabutnya, Anda dapat menghemat energi dan uang.


Untuk membuatnya mudah, tentukan satu soket ekstensi untuk semua elektronik Anda dan colokkan/cabut sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu berkeliling ke setiap perangkat setiap kali ingin menghemat energi. Dan jika Anda memiliki perangkat yang harus tetap dicolokkan (seperti lemari es), pastikan untuk menyambungkannya ke soket ekstensi yang berbeda sehingga Anda dapat mematikannya dengan mudah saat tidak digunakan.

Menggunakan pencahayaan alami

Ada banyak keuntungan menggunakan pencahayaan alami dalam bisnis Kos-kosan Anda, termasuk mengurangi biaya energi dan jejak karbon Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami di Kos-kosan Anda:


1. Gunakan cat berwarna terang pada dinding dan langit-langit. Warna terang memantulkan cahaya lebih baik daripada warna gelap, sehingga ruangan Anda akan lebih terang dengan skema warna yang lebih terang.


2. Jaga kebersihan jendela. Kotoran dan kotoran dapat menyerap cahaya, membuat ruangan Anda lebih gelap. Membersihkan jendela secara teratur akan membantu memaksimalkan jumlah cahaya yang masuk ke ruangan Anda.


3. Gunakan penutup jendela dengan bijak. Pada siang hari, buka tirai dan gorden agar cahaya alami masuk sebanyak mungkin. Di malam hari, tutuplah untuk membantu melindungi ruang Anda dan mengurangi biaya energi.


4. Manfaatkan skylight. Jika Kos-kosan Anda memiliki skylight, pastikan bersih dan jernih sehingga dapat membiarkan cahaya masuk secara maksimal di siang hari.


5. Gunakan cermin secara strategis. Menempatkan cermin di dekat jendela dapat membantu memantulkan cahaya alami lebih dalam ke ruang Anda, mencerahkan sudut tergelap sekalipun

Makan makanan organik

Makanan organik adalah makanan yang ditanam tanpa menggunakan pestisida atau pupuk sintetis. Mereka seringkali lebih mahal daripada makanan yang ditanam secara konvensional, tetapi banyak orang percaya bahwa biaya tambahan itu sepadan karena manfaat kesehatannya.


makan makanan organik adalah salah satu cara untuk mengurangi paparan bahan kimia berbahaya. Pestisida dapat menjadi racun bagi manusia dan lingkungan, jadi dengan memilih makanan organik, Anda dapat membantu meminimalkan dampak keduanya. Selain itu, praktik pertanian organik biasanya lebih berkelanjutan daripada metode konvensional, sehingga Anda akan merasa senang mengetahui bahwa pilihan makanan Anda membantu melindungi planet ini.

Menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan

Dalam menjalankan bisnis Kos-kosan, salah satu cara terbaik untuk meminimalkan limbah adalah dengan menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan. Ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang dilepaskan ke lingkungan, tetapi juga dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang.


Ada sejumlah produk pembersih ramah lingkungan yang berbeda di pasaran saat ini, jadi menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda tidaklah sulit. Untuk memulai, cukup sediakan beberapa produk pembersih ramah lingkungan ini dan mulailah menggunakannya dalam bisnis Kos-kosan Anda. Anda mungkin terkejut melihat seberapa baik mereka bekerja!

Sewa furnitur agar lebih sirkular

Menyewa furnitur adalah cara yang bagus untuk lebih sirkular dalam bisnis Kos-kosan Anda. Dengan menyewa peralatan, Anda dapat menggunakannya lebih lama dan menghindari pemborosan yang terkait dengan membeli yang baru. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan persewaan alat, jadi pastikan untuk berbelanja untuk mendapatkan penawaran terbaik.


Saat menyewa peralatan, pastikan untuk hanya menyewa apa yang Anda butuhkan. Jangan menyewa lebih dari yang akan Anda gunakan, karena ini hanya akan menghasilkan pemborosan yang tidak perlu. Selain itu, pastikan untuk mengembalikan peralatan dalam kondisi baik agar dapat digunakan oleh orang lain di kemudian hari.


Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meminimalkan pemborosan dan lebih sirkular dalam bisnis Kos-kosan Anda.


Ringankan beban asetmu dengan bantuan Bioma

Dapatkan kebebasan operasional, bebas alokasikan budget usaha. Akses produk terbaik dan sewa sekarang!

Hubungi Tim Bioma

PT BIOMA BERSAMA INDONESIA

support@withbioma.com

+62 812-8445-5345